Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Garongkong, Sulsel, Terintegrasi Kereta Api Pada 2019

Kementerian Perhubungan akan mengintegrasikan Pelabuhan Garongkong, Sulawesi Selatan dengan moda transportasi berbasis rel.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perhubungan akan mengintegrasikan Pelabuhan Garongkong, Sulawesi Selatan dengan moda transportasi berbasis rel.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, integrasi tersebut akan terjadi pada akhir 2019 setelah dermaga Pelabuhan Garongkong diperpanjang dari 250 meter menjadi 750 meter.

"Paling tidak akhir tahun 2019 nanti dermaga akan selesai diperpanjang dari 250 meter menjadi 750 meter dan nantinya akan dihubungkan dengan moda kereta api yang pada tahun 2019 nanti sudah terbangun konstruksinya sepanjang 107 km," kata Budi dalam siaran pers pada Jumat (27/10/2017).

Dia menjelaskan, pembangunan perpanjangan dermaga akan dilakukan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau dikerjasamakan dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Oleh karena itu, lanjut Budi, Kemenhub akan melakukan persiapan tender pembangunan dermaga tersebut dalam 3-4 bulan lagi.

Nantinya Pelabuhan Garongkong akan mengakomodir 5 pabrik semen untuk kebutuhan logistiknya.

"Saya menugaskan Direktur Kepelabuhanan untuk melakukan studi agar Pelabuhan Garongkong ini punya kapasitas yang memadai agar bisa mengangkut batu bara untuk dan dari pabrik-pabrik semen yang ada di Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper