Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Tanjung Batu Akan Direnovasi Tahun Depan

Tak hanya melakukan tinjauan ke bandar udara internasional H.AS. Hanandjoeddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meninjau pelabuhan Tanjung Batu dalam kunjungan kerjanya ke Belitung.
Menhub kunjungi Pelabuhan Tanjung Batu/Renat Sofie Andriani
Menhub kunjungi Pelabuhan Tanjung Batu/Renat Sofie Andriani

Bisnis.com, BELITUNG- Tak hanya melakukan tinjauan ke bandar udara internasional H.AS. Hanandjoeddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meninjau pelabuhan Tanjung Batu dalam kunjungan kerjanya ke Belitung.

Menhub menyatakan ada pergeseran fungsi pada pelabuhan tersebut yang awalnya digunakan untuk container dan pariwisata kemudian digunakan untuk pasir sehingga pelabuhan menjadi rusak.

"Oleh karenanya saya menganjurkan kepada Pak Sekda (Provinsi Bangka Belitung) agar pelabuhan pasir tidak di sana lagi, kita minta tempat lain. Kita akan perbaiki Tanjung Batu dan kembalikan fungsinya untuk container, penumpang, dan turis," ujar Budi kepada para awak media, Sabtu (28/10/2017).

Ditegaskan olehnya, fungsi pertambangan akan dipisahkan dengan fungsi lainnya mengingat fungsi container tidak sejalan dengan pertambangan.

"Pembangunan (perbaikan pelabuhan) saya lihat kalau tahun ini tidak mungkin lagi, kita akan lakukan tahun depan insya Allah Februari karena ini ada kaitannya dengan serah-menyerah aset dari derah ke pusat," lanjutnya.

Proses penyerahan aset diperkirakan akan berlangsung selama satu bulan ke depan untuk kemudian akan dilakukan penganggaran oleh pemerintah pusat pada 2018.

Menurut Menhub, dana sebesar Rp4,2 miliar yang diajukan pemerintah kabupaten Belitung masih belum cukup untuk perbaikan Tanjung Batu. Oleh karenanya, Kementerian Perhubungan akan melakukan konsolidasi lebih lanjut terutama berkaitan dengan support pariwisata.

Di sisi lain, Menhub juga menegaskan bahwa Kementerian Perhubungan berkepentingan membangun prasarana pariwisata dan memastikan bahwa industri aviasi memiliki potensi di Belitung.

"Ini saya dorong. Oleh karenanya saya minta Sriwijaya ascara voluntary menerbangkan pesawat dari Belitung ke beberapa tempat khususnya negara-negara tetangga," tutur Budi.

Sebelum meninjau pelabuhan Tanjung Batu, jajaran Kementerian Perhubungan beserta stakeholder terkait telah menggelar rapat yang juga dihadiri Bupati Belitung Sahani Saleh, guna mendorong konektivitas internasional bandar udara H.AS. Hanandjoeddin.

Disampaikan Menhub saat ini kunjungan wisatawan mancanegara ke Belitung sudah cukup baik. Ia menyebut tiap pekan ada wisatawan dari Cina, Singapura, dan Malaysia yang berkunjung ke Belitung melalui Jakarta.

Soal terminal penumpang internasional Bandara H.AS. Hanandjoeddin yang masih dalam proses renovasi, Menhub memastikan renovasi terminal internasional akan selesai akhir November.

“Renovasi terminal internasional selesai di akhir November, selanjutnya saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata untuk membuat paket-paket baru dari Singapura, Malaysia, dan Cina,” kata Menhub Budi usai rapat tertutup dengan stake holder terkait di Bandara H.AS. Hanandjoeddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper