PLN Diminta Perhatikan Kondisi Kelistrikan Kaltara

Oleh: Nadya Kurnia 09 November 2017 | 17:45 WIB
PLN Diminta Perhatikan Kondisi Kelistrikan Kaltara
Petugas mengerjakan perawatan jaringan kabel listrik/ANTARA-Mohammad Ayudha

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie meminta PT PLN (Persero) untuk lebih memperhatikan kondisi kelistrikan di daerah-daerah Kaltara yang masih sering padam.

"Utamanya byarpett di Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, dan Nunukan. Dirut PLN responsif, perseroan akan segera menyelesaikan pembangunan PLTU dan PLTMG di Tanjung Selor," ungkap Irianto dalam rilis resminya, Kamis (9/11/2017).

Dia mengatakan pembangunan pembangkit listrik di Tanjung Selor ditargetkan rampung akhir tahun ini. Dua proyek pembangunan tersebut berlokasi di daerah Gunung Seriang.

Selain mempercepat pembangunan pembangkit, PLN juga akan menyebar PLTD di daerah-daerah krisis listrik sebagai solusi jangka pendek. Untuk mengakomidir upaya tersebut, PLN telah membeli 1.000 unit PLTD.

"Tapi kita ketahui bersama pembangkit tenaga diesel itu tidak efisien, sehingga solusi jangka menengah tetap ditempuh, yakni dengan menyelesaikan pembangunan PLTU dan PLTMG," sambung Irianto.

Menurutnya, PLN akan menambah daya listrik pada tiga kabupaten dan kota di Kaltara dengan penyebaran PLTD, yakni Tanjung Selor sebesar 8 MW, Tarakan 5 MW, dan Nunukan 6 MW.

Saat ini, penyebaran PLTD dalam tahap mobilisasi. Irianto meminta agar masyarakat bersabar, sebab pendistribusian dan pemasangan PLTD membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya