Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aparatur Sipil Negara Diwajibkan Berjiwa Melayani

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengganti mainset untuk membangun kepercayaann masyarakat. ASN, tegasnya, harus bermental melayanai karena tugas utama ASN ialah melayani masyarakat.
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Asman Abnur (kanan) didampingi Pelaksana Tugas Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenhumham Aidir Amin Daud (kedua kanan) berbincang dengan peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kemenhumham di Makassar, Kamis (14/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (kanan) didampingi Pelaksana Tugas Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenhumham Aidir Amin Daud (kedua kanan) berbincang dengan peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kemenhumham di Makassar, Kamis (14/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengganti mainset untuk membangun kepercayaann masyarakat. ASN, tegasnya, harus bermental melayanai karena tugas utama ASN ialah melayani masyarakat.

"Mari kita ubah budaya kerja ASN, dan ciptakan trust masyarakat," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (10/11/2017).

Asman menegaskan ASN tidak boleh mengedepankan kekuasaan dan kewenangan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sebab seseorang yang sudah memilih untuk menjadi pegawai ASN harus memiliki jiwa melayani, karena keberadaan pegawai memang ASN memang untuk melayani masyarakat.

Dia menegaskan Kementerian PANRB akan terus mendorong setiap instansi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik agar masyarakat terlayani dengan baik.

Salah satu pedoman yang harus menjadi rujukan, jelasnya, ialah dengan mematuhi dan melaksanakan ketentuan Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik.

Selain itu, ASN juga harus terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Inovasi pelayanan menurutnya sangat penting karena kualitas layanan pemerintah akan semakin baik jika ASN berjiwa melayani.

Adapun,salah satu inovasi yang didorong Kementerian PANRB ialah membentuk mal pelayanan publik. Melalui wadah itu, semua pelayanan publik dapat disatukan dalam satu atap sehingga memudahkan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper