Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Operator Ferry Swasta dan ASDP Didorong Bersinergi

Operator kapal penyeberangan diseluruh lintasan penyeberangan di Indonesia agar melakukan sinergi dengan BUMN pengelola jasa pelabuhan penyeberangan PT.ASDP dan pemerintah selaku regulator.
Eddy Oetomo, saat menyampaikan sambutan rapat kerja INFA, di Jakarta (11/11/2017)/Akhmad Mabrori
Eddy Oetomo, saat menyampaikan sambutan rapat kerja INFA, di Jakarta (11/11/2017)/Akhmad Mabrori

Bisnis.com, JAKARTA: Operator kapal penyeberangan diseluruh lintasan penyeberangan di Indonesia agar melakukan sinergi dengan BUMN pengelola jasa pelabuhan penyeberangan PT.ASDP dan pemerintah selaku regulator.

Ketua Umum DPP INFA, Eddy Oetomo, mengemukakan, sinergi semua stakeholders angkutan penyeberangan tersebut diperlukan guna meningkatkan pelayanan angkutan penyeberangan untuk memperlancar logistik nasional, aman dan nyaman.

"Kita mesti bersinergi dengan pemerintah dan PT.ASDP /Indonesia Ferry untuk menyukseskan program pemerintah dalam layanan angkutan penyeberangan dan logistik," ujarnya saat memberikan sambutan pada acara rapat kerja nasional dan konsolidasi INFA, di Jakarta, pada Sabtu (11/11/2017).

Rakernas INFA itu diikuti seluruh DPW dan DPC asosiasi itu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Eddy mengatakan, sebagai wujud sinergi antar BUMN dan swasta di bidang angkutan penyeberangan, asosiasinya mengusulkan agar seluruh fasilitas dermaga kapal penyeberangan yang dikelola dan operasikan PT.ASDP dapat di asuransikan yang ditanggung melalui komponen biaya jasa pelabuhan penyeberangan.

"Bagi kami operator kapal ferry tidak masalah jika ada kenaikan biaya jasa tersebut sepanjang untuk menjamin lebih baik, serta adanya maintenance dan investasi fasilitas dermaga dan layanan pelabuhan penyeberangan," paparnya.

Dia mengatakan, saat ini INFA menaungi sebanyak 76 kapal penyeberangan di sembilan lintasan komersial yang ada di Indonesia.

Kesembilan lintasan itu yakni; Merak dan Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padang Bay-Lembar, Kayangan Polotanu NTB, Padangbay-Bali, Sape-Labuan Bajo Flores NTT, Balikpapan, Banjarmasin, dan Palembang.

"76 kapal anggota INFA itu setara dengan 50% dari seluruh jumlah kapal penyeberangan yang beroperasi di lintasan komersial Indonesia. Kami berharap kapal-kapal lainnya juga akan bergabung dengan asosiasi ini," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper