Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perindo Berangkatkan Lagi Satu Kapal ke Arafura

Perum Perikanan Indonesia (Perindo) menambah satu lagi armada kapal penangkap ikan untuk beroperasi di Laut Arafura.
Ilustrasi kapal ikan/Perum Perindo
Ilustrasi kapal ikan/Perum Perindo

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Perikanan Indonesia (Perindo) menambah satu lagi armada kapal penangkap ikan untuk beroperasi di Laut Arafura.

KM Inka Mina Makmur 33 itu merupakan kerja sama operasional (KSO) antara Perindo dengan Koperasi Usaha Bersama Mina Samudera, Pekalongan, yang mendapat bantuan kapal dari pemerintah pada 2012.

Pada 2015, KUB itu melakukan kerja sama dengan Artantyo, pengusaha setempat. Lalu melalui Artantyo, dilakukan KSO dengan Perindo. Perindo menanggung biaya perbaikan kapal, pengadaan alat tangkap, dan biaya operasi kapal. Kapal tersebut akan melakukan bongkar di Pelabuhan Tual.

"Saat ini kapal sudah dalam kondisi siap operasi setelah dilakukan perbaikan dan penambahan alat tangkap," kata General Manager SBU Fleet & Operations Agung Pamujo, Jumat (24/11/2017).

Perum Perindo menempatkan masing-masing satu kapal collecting di Bacan dan Tahuna untuk membeli ikan nelayan. Lalu, tiga kapal di Ternate, dua kapal lagi di Laut Sulawesi dan beberapa kapal lagi yang merupakan bagian dari kerja sama usaha Perindo dengan perusahaan perikanan swasta.

Perindo juga bekerja sama dengan nelayan Indramayu anggota Koperasi Mina Sumitra untuk mendukung operas penangkapan ikan di Laut Arafura dengan menjamin membeli ikan hasil tangkapan nelayan Indramayu tersebut langsung di pelabuhan sekitar fishing ground, yakni di Tual.

Hingga kini, Perindo sudah membeli sekitar 170 ton dari empat kapal Indramayu yang menangkap ikan di Arafura dan membongkar hasil tangkapan di Tual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper