Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lelang Konservasi Untuk Para Petani dari Rejoso

Gerakan Rejoso Kita menginisiasi kegiatan lelang konservasi untuk para petani yang tinggal yang tinggal di klaster hulu (upper-stream) dan klaster tengah (middle-stream) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso, Pasuruan, Jawa Timur.
Petani menyiapkan bibit padi di persawahan/Antara-Saiful Bahri
Petani menyiapkan bibit padi di persawahan/Antara-Saiful Bahri

Bisnis.com, JAKARTA - Gerakan Rejoso Kita menginisiasi kegiatan lelang konservasi untuk para petani yang tinggal yang tinggal di klaster hulu (upper-stream) dan klaster tengah (middle-stream) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso, Pasuruan, Jawa Timur.

Lelang konservasi merupakan salah satu mekanisme yang dikenalkan oleh Gerakan Rejoso Kita dalam skema pembayaran jasa lingkungan (payment for ecosystem services) kepada masyarakat guna memilih petani maupun kelompok petani yang akan berpartisipasi dalam kegiatan konservasi berbasis kinerja.

Dr. Beria Leimona, dari The World Agroforestry Centre (ICRAF) dan juga selaku Fasilitator Utama LelangKonservasi mengatakan, lelang konservasi ini dilakukan agar skema pembayaran jasa lingkungan ini dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien dengan memperhatikan kesediaan petani untuk menerima kontrak konservasi (willingness to accept) dan sekaligus memperlihatkan komitmen untuk membayar (willingness to pay) dari pemanfaat jasa lingkungan di DAS Rejoso yang diwakili oleh Gerakan Rejoso Kita.

"Petani atau kelompok tani yang menang dalam proses lelang ini selanjutnya ingin menjalankan skema pembayaran jasa lingkungan yang ditawarkan oleh Gerakan Rejoso Kita. Secara periodik, selama satu tahun kedepan Gerakan Rejoso Kita akan melakukan pemantauan, terkait pelaksanaan kegiatan di lapangan.” ujarnya dalam siaran persnya.

Pelaksanaan lelang dibagi dalam 2 klaster yaitu klaster hulu dan klaster tengah, yang masing-masing mempunyai pembayaran imbal jasa lingkungan tersendiri. Di klaster hulu, skema imbal jasa lingkungan lebih diarahkan pada pengayaan tanaman kayu (cemara) di lahan pertanian, peningkatan laju infiltrasi lahan, dan pengurangan sedimentasi

Sementara di klaster tengah lebih diarahkan pada pengayaan tanaman di lahan dengan produk bernilai ekonomi tinggi, perbaikan pengelolaan kebun dan peningkatan laju infiltrasi lahan, serta pengukuran karbon stok di lahan sebagai langkah berikutnya.

Sedangkan kegiatan lelang di klaster hulu dipusatkan di Desa Wonokitri dengan melibatkan 3 desa, yaitu Wonokitri, Sadaeng dan Keduwung Atas dan hampir 100 petani sebagai peserta lelang. Sementara di klaster tengah dipusatkan di Desa Pasrepan dengan melibatkan 5 desa, yaitu Galih, Petung, Tempuran, Ampelsari, Keduwung Bawah, dan lebih dari 100 petani. Hal itu menunjukkan antusiasme petani dalam mengikuti kegiatan lelang konservasi ini, baik di daerah hulu maupun tengah DAS Rejoso.

Sebenarnya para petani telah mempunyai keinginan bercocok tanam ramah lingkungan, namun mereka belum memahami konsep dan teknisnya, disamping itu tidak ada insentif bagi para petani yang mempraktikkan pola pertanian ramah lingkungan tersebut. “Melalui proses lelang konservasi ini, dapat dijadikan sarana dan media pembelajaran bagi petani agar lebih paham tentang pertanian yang ramah lingkungan,” tambah Leimona.

Peserta lelang dan juga petani dari Desa Keduwung Atas, Suraji mengatakan, melalui kegiatan konservasi ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan tentang konservasi bagi kami para petani agardapat mengurangi laju erosi dan terhindar dari bencana tanah longsor. Kami juga berharap masyarakat di hilir juga mendapatkan manfaat dari konservasi yang kami lakukan di hulu.

Fajar Kurniawan dari YSII (Yayasan Social Investment Indonesia) mengatakan, skema lelang ini diharapkan juga dapat menumbuhkan kesadaran dan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan yang ada untuk lebih peduli terhadap upaya perlindungan dan pelestarian DAS Rejoso.

"Karena memang saat ini DAS Rejoso membutuhkan perhatian lebih karena tingginya tingkat ancaman akan kelestariannya di masa depan. DAS Rejoso juga sangat vital keberadaannya karena ada jutaan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari pasokan air yang disediakannya.” ujarnya.

Salah satu Pegiat Gerakan Rejoso Kita dan juga External Relations Senior Manager Danone Indonesia, Budi Hartono menambahkan sebagai salah satu perusahaan yang aktif dalam upaya konservasi, Danone AQUA melihat lelang konservasi ini akan menjadi metode inovatif dan terjamin tingkat kelestariannya.

"Diharapkan kedepannya para petani di sepanjang DAS Rejoso dapat memiliki pengetahuan tentang pertanianyang ramah lingkungan sehingga dapat memelihara dan memanfaatkan ekosistem DAS secara berkelanjutan.” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper