Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hujan Lebat dan Petir Landa Balikpapan

Hujan intensitas sedang-lebat disertai petir, dan angin kencang menyelimuti wilayah Balikpapan hingga kecamatan Waru, dan Penajam Paser Utara (PPU), Minggu (3/12) pagi.
Info prakiraan cuaca dan gelombang wilayah kalimantan timur tanggal 04-05 Desember 2017/Bisnis
Info prakiraan cuaca dan gelombang wilayah kalimantan timur tanggal 04-05 Desember 2017/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Hujan intensitas sedang-lebat disertai petir, dan angin kencang menyelimuti wilayah Balikpapan hingga kecamatan Waru, dan Penajam Paser Utara (PPU), Minggu (3/12) pagi.

Hal Itu juga dibenarkan oleh pantauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan.

“Untuk beberapa hari terakhir dari analisis kami, terdapat belokan angin di sekitar Balikpapan akibat siklus Edy di barat Pontianak yang menimbulkan pembentukan awan cb (awan kumulonimbus,red) di sekitar Balikpapan ditambah dengan uap air yang terdapat di teluk Balikpapan yang menyuplai massa udara dalam pembentukan awan,” jelas Mulyono Leo Nardo, Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Balikpapan.

Penguapan yang terjadi di siang hari menyediakan uap air dalam pembentukan awan di malam hingga dini hari.

"Sehingga diperkirakan hujan akan terjadi di malam sampai dengan dini hari dengan intensitas sedang hingga lebat diserai angin kencang dan guntur, tutur Mulyono.

Sejurus itu, rata-rata kecepatan angin sepanjang November 2017, yakni 3 knot atau 5,5 Km per jam. Tertinggi tercatat pada 29 November, mencapai 38 knot atau 70,3 Km per jam.

Masih pada periode yang sama, jumlah curah hujan tercatat 201.7 milimeter, yangtertinggi mencapai 102.3 milimeter pada 29 November.

Berbeda dengan Agustus 2017 silam, ia memperkirakan jika siklon tropis yang ada di selatan pulau Jawa tidak berpengaruh signifikan terhadap cuaca di Balikpapan.

Sebagaimana diketahui siklon tropis sendiri merupakan badai dengan kekuatan yang besar.

Radius rata-rata siklon ini mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26,5 derajat celcius. Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Suseno meminta agar segenap masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

“Selalu siaga dan segera memberikan informasi dan dukungan pencegahan ataupun penanggulangannya, jika melihat atau mengetahui adanya potensi bencana,” jelas dia.

Ia juga menjelaskan, mayoritas wilayah Balikpapan memiliki kontur perbukitan berpotensi besar terjadinya longsor.
“Sedangkan di kawasan rendah akan berpotensi terjadi banjir,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fariz Fadillah
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper