Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada Kaltim : Perlu Sosok Pembangkit Sektor Ekonomi

Direktur Eksekutif Indonesia Politikan Review (IPR) Ujang Komarudin menilai kesiapan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI) Aji Dedi Mulawarman untuk maju dalam kontestasi politik pemilihan gubernur Kalimantan Timur 2018 perlu diapresiasi positif

Bisnis.com, JAKARTA—Direktur Eksekutif Indonesia Politikan Review (IPR) Ujang Komarudin menilai kesiapan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI) Aji Dedi Mulawarman untuk maju dalam kontestasi politik pemilihan gubernur Kalimantan Timur  2018 perlu diapresiasi positif.

Ujang menyebut, sosok  Ajji sebagai orang yang memiliki kapasitas dan kapabalitas seperti untuk dapat menyelamatkan dan menstabilkan ekonomi di provinsi tersebut. 

“Kita tahu bahwa Kaltim saat ini sedang berada dalam kondisi ekonomi yang kurang baik. Saya kira beliau sudah pakar di bidang ekonomi. Pengajar dan aktivis di bidang tersebut. Rekam jejaknya tak diragukan,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (6/12).

Ujang, yang juga mengajar ilmu politik di Universitas Al Azhar Indonesia tersebut mengungkapkan, kinerja dalam bidang ekonomi menjadi tolok ukur keberhasilan di provinsi tersebut.

Jika petumbuhan ekonominya melambat atau tidak mencapai target, maka daerah tersebut bisa dikatakan gagal. Dan ini akan berimbas pada bidang kehidupan masyarakat lainnya.

Ujang merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa angka pengangguran terbuka di Indonesia itu paling besar ada di Kaltim, padahal daerah tersebut memiliki kekayaan alam yang melimpah.

Di samping itu, melorotnya APBD Kaltim dari tahun ke tahun dan pertumbuhan ekonomi negatif menjadi masalah tersendiri. Menurutnya, Kaltim perlu bufferekonomi kreatif di luar yang terlalu mengandalkan produksi migas ekstraktif dan sawit yang terlalu tergantung pasar internasional.

Dia berasumsi, ekonomi yang tergantung pada gejolak harga pasar migas dan sawit yang terus menurun berdampak pada konstraksi pertumbuhan ekonomi. Ujungnya adalah PHK besar-besaran di perusahaan-perusahaan tambang dan sawit, serta menurunnya kekuatan APBD dari tahun ke tahun.

Untuk itu, kata dia, Kaltim perlu pemimpin yang punya ide segar untuk menyelamatkan dan membawa provinsi itu keluar dari masalah-masalah tersebut.

"Saya perhatikan dan baca pikiran-pikirannya melalui buku dan media massa, Aji Dedi memiliki ide segar untuk diaplikasikan dalam membangun Kaltim ke depan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper