Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Laut Jadikan Indonesia Makin Kompetitif

Implementasi tol laut yang dijalankan Kabinet Kerja di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil membuat Indonesia makin kompetitif di era millenial.
Ilustrasi kapal yang termasuk program tol laut/Antara-Kornelis Kaha
Ilustrasi kapal yang termasuk program tol laut/Antara-Kornelis Kaha

Bisnis.com, JAKARTA -  Implementasi tol laut yang dijalankan Kabinet Kerja di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil membuat Indonesia makin kompetitif di era millenial.

"Ide tol laut telah menampakkan hasilnya dan membuat ekonomi negara terus tumbuh," ungkap Pengamat Maritim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning, dalam siaran persnya.

Menurutnya, kehadiran Tol Laut yang  merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan telah berhasil menurunkan harga bahan pokok di beberapa daerah wilayah timur Indonesia. Serta makin tingginya  frekuensi angkutan  kapal baik kapal barang maupun kapal penumpang dari dan sejumlah pelabuhan di tanah air khususnya  di wilayah Timur. 

Hal ini selaras dengan salah satu  misi dan visi Tol Laut yakni bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di Nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok.

Dijelaskannya, dalam program Tol Laut ini, angkutan laut baik kapal barang maupun  kapal penumpang  memainkan peran penting dalam memastikan berjalannya program logistik nasional jalur laut tersebut. Salah satu indikator yang ingin dicapai Pemerintah adalah ketersediaan komoditas pangan dan berbagai kebutuhan pokok masyarakat di kawasan Timur Indonesia dengan harga yang terjangkau.
Pemerintah sudah mengusahakan tol laut sebagai jalur transportasi laut bagi sejumlah komoditas. 

Dengan tol laut tersebut diharapkan wilayah-wilayah Indonesia, utamanya bagian Timur, untuk dapat terhubung sehingga mampu menekan harga komoditas.  Saat ini  di Indonesia bagian Timur sudah dirasakan oleh masyarakat adanya penurunan harga 20%--25%.

“Saya kira sebuah penurunan yang cukup tinggi. Namun, nantinya apabila rute dan trayek ini semakin banyak, kita meyakini bahwa turunnya harga-harga ini akan menjadi semakin lebih baik lagi," ujar Raja Saut Gurning.

Disarankannya, agar tol laut makin sukses harus didukung infrastruktur dan moda transportasi darat.Ambil contoh ketersediaan gudang-gudang,truk-truk pengangkut, supermarket,gudang penyimpanan dan SDM bongkar muat barang. Hal lain adalah ketersediaan bunkering untuk suplai BBM kapal.

Fasilitas seperti ketersediaan terminal, pasar,gudang penyimpan dan lain-meupakan merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. "Hingga nanti di pelabuhan pelabuhan itu tercipta market yang potensial yang akan menyebabkan keseimbangan angkutan kapal baik yang menuju wilayah barat Indonesia maupun pelabuhan-pelabuhan di Indonesia Timur,”jelasnya.
  
Pemerintah sendiri melalui Kementerian Perhubungan (Kemnhub) masih terus melakukan evaluasi terkait pelaksanaan tol laut di lapangan. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan optimalisasi 13 trayek memanfaatkan program Rumah Kita yang tersebar di sejumlah titik. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata. 

Adapun Rumah Kita merupakan pusat logistik yang dikelola oleh sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) diantaranya PT Pelindo I, II, III dan Pelindo IV serta PT Pelni dan PT ASDP. Salah satu fungsi Rumah Kita yakni mampu mendistribusikan komoditas secara lebih efektif sehingga disparitas harga menurun 

Target dari program Tol Laut diantaranya penyediaan 306 lokasi pelabuhan laut di 306 lokasi hingga 2019 dan 103 unit kapal perintis laut.

Hingga bulan November 2017 Kapal PELNI sudah mengangkut 3,16 juta orang dan Kapal Perintis sebanyak 475.543 orang. Sedangkan Muatan  dalam negeri hingga Oktober 2017 sebanyak 18.3 miliar Ton dan luar negeri 593 Jjta Ton.
  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper