Pilgub Kalbar: Ini Peluang Masing-Masing Kandidat versi Survei LKPI

Oleh: MG Noviarizal Fernandez 22 Desember 2017 | 11:31 WIB
Pilgub Kalbar: Ini Peluang Masing-Masing Kandidat versi Survei LKPI
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan Milton-Boyman memiliki peluang memenangi pemilihan Gubernur Kalimantan Barat tahun depan berdasarkan survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Arifin Nur Cahyono mengatakan survei tersebut dilakukan pada 10-19 Desember 2017 dengan responden sebanyak 2225 orang di tiga kota dan 11 kabupaten di provinsi tersebut.

"Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error sebesar kurang lebih 2,1%," ujarnya, Jumat (22/12/2017).

Adapun pasangan yang diuji dalam survei ini diantaranya adalah Sutarmidji -Ria Norsan, Karolin Margaret Natasya- Suryadman Gidot, Milton Crosby – Boyman Harun dan Hildi Hamid- Lasarus.

Pada aspek pengenalan masyarakat dan kesukaan masyarakat pada nama pasangan bakal calon kepala daerah yang diuji, pasangan Milton Crosby – Boyman Harun memiliki tingkat popualaritas sebesar 87,2%, sedangkan Sutarmidji -Ria Norsan 83,2% , Karolin Margaret Natasya- Suryadman Gidot 64,8% , dan Hildi Hamid- Lasarus 82,7%, Sutarmidji -Ria Norsan 71,2%, lalu Hildi Hamid -Lasarus 69,3%.

Para responden pun ditanya terkait integritas tiap kandidat kepala daerah dan hasilnya, Milton Crosby-Boyman Harun dinilai Paling bersih dari potensi korupsi oleh 88,7% responden. Capaian ini lebih tinggi dibandingkan dengan pasangan Karolin Margret-Suryadman Gidot (51,8%) yang digadang-gadang sebagai penerus petahana, Cornelis.

"Selain dinilai bersih, Milton Crosby-Boyman Harun juga dikenal memahami sistem birokrasi, memiliki pengalaman memimpin, kemampuan komunikasi yang baik pada masyarakat," ungkapnya.

Dalam survei ini, responden juga ditanyakan secara spontan dari empat nama pasangan, mana yang akan dipilih jika pemilihan kepala daerah digelar saat survei digelar.

"Hasilnya, pasangan Pasangan Milton Crosby – Boyman Harun dipilih oleh 37,2% responden , sedangkan Sutarmidji -Ria Norsan 21,4%, Hildi Hamid- Lasarus 17,8% dan pasangan Karolin Margaret Natasya- Suryadman Gidot 7,2% sementara yang belum memilih sebanyak 16,4%," paparnya.

Sementara dengan mengunakan pertanyaan tertutup dengan pertanyaan yang sama sebelumnya, 39,2% respondent memilih pasangan Milton Crosby – Boyman Harun sebagai Gubernur dan Wakil Gubenur Kalimantan Barat.

"Sementara yang lainnya sebanyak 18,1% memilih Sutarmidji -Ria Norsan dan sebanyak 18,3% memilih pasangan Hildi Hamid- Lasarus," katanya.

Sementara putri Gubernur Kalimantan Barat Karolin Margaret Natasya yang merupakan Bupati Kabupaten Landak yang berpasangan dengan Suryadman Gidot, Bupati Kabupaten Bengkayang hanya dipilih oleh 8,7%, dan 15,7% tidak memberikan jawaban.

Ia menilai, rendahnya tingkat keterpilihan pasangan Karolin Margaret Natasya- Suryadman Gidot terkait dugaan korupsi pembangunan rumah dinas bupati Bengkayang, dugaan korupsi rumah Dinas Kesehatan Bengkayang.

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya