Bank Indonesia Mewisuda Peserta Inkubator Bisnis Kalbar

Oleh: Yanuarius Viodeogo 31 Desember 2017 | 00:08 WIB
Bank Indonesia Mewisuda Peserta Inkubator Bisnis Kalbar
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, PONTIANAK – Bank Indonesia mewisuda 355 peserta inkubator bisnis (IB), sebuah program mencetak wirausaha baru hasil produk hilirisasi, terutama usaha menengah kecil mikro (UMKM) di Kota Pontianak.

Pengelola Inkubator Bisnis Bank Indonesia Kalimantan Barat Hatta Siswa Mahyahya mengatakan, program akselerasi bisnis selain menciptakan wirausaha baru juga mencetak trainer atau pelatih yang akan mendirikan inkubator bisnis serupa di desa-desa.

Pada semester ini ada 15 peserta reguler, anggota Lapas Kelas IIA Pontianak sebanyak 40 peserta, dan 300 peserta dari Institut Agama Islam Negeri Pontianak sebanyak 300 peserta, Sabtu siang tadi.

“Jadi IB juga bertujuan menghimpun UMKM yang sama tujuan dengan menciptakan klaster lain seperti klaster ketahanan pangan dan klaster inklusi keuangan di perkotaan,” kata Hatta dari rilis diterima Bisnis, Sabtu (30/12/2017).

Kepala BI Perwakilan Kalbar Dwi Suslamanto mengutarakan, IB harus terus berkembangan dan lebih baik pada masa mendatang karena kesuksesan dari IB berpengaruh terhadap salah satu program Bank Indonesia.

“Sesuai arahan Gubernur BI kami ingin ada sesuatu hal luar biasa di BI dalam penguatan program ke masyarakat termasuk pegawai bank Indonesia bisa memberikan materi pelatihan kepada masyarakat,” ujarnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya