PENGEMBANGAN BANDARA : Tim AP I Tinjau Bandara Samarinda Baru

Oleh: Fariz Fadhillah 10 Januari 2018 | 02:00 WIB
Pesawat berada di apron Bandara Sepinggan, Balikpapan, baru baru ini./JIBI-Paulus Tandi Bone

BALIKPAPAN — PT Angkasa Pura I belum mendapatkan kepastian soal pengelolaan Bandara Samarinda Baru yang kini bernama Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Sungai Siring.

Selain Angkasa Pura (AP) I, sempat mencuat nama AP II terkait dengan pengelolaan bandara di Samarinda yang diproyeksikan beroperasi pada 2018.

Saat ini, AP II mengelola 12 bandara seperti Bandara Soekarna-Hatta Cengkareng, Halim Perdanakusuma Jakarta, Sultan Iskandar Muda Aceh dan Supadio di Kalbar.

General Manager AP I Cabang Balikpapan Handy Heryudhitiawan mengatakan belum mendapatkan informasi detail tentang pengelola bandara baru itu.

“Kami belum dengar siapa (operator), belum ada informasi yang masuk ke kami,” katanya di sela-sela penutupan Posko Natal dan Tahun Baru di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Selasa (9/1).

Saat ditanya terkait dengan maskapai baik nasional atau regional yang akan melirik Bandara APT Pranoto, dia belum mengetahuinya.

Menurutnya, kehadiran bandara baru di Kota Tepian tidak perlu jauh diperdebatkan lagi. Terlepas adanya polemik yang berkembang, Handy meminta pengelola yang ditunjuk fokus pada dua hal yaitu melayani penumpang dengan optimal, serta mampu mendongkrak sektor ekonomi Kaltim.

“Bandara Samarinda baru ini chalenge atau tantangan buat kita untuk mendorong ekonomi Kaltim,” ujarnya.

Rencananya, tim AP I berjumlah 15 orang meninjau langsung ke Bandara Samarinda Baru. AP I belum memutuskan menjadi pengelola bandara itu. “Besok [hari ini] dari tim kami akan ke Samarinda kita akan lihat situasi dan pelayanan di sana, termasuk menghadap Gubernur,” ucapnya. (k30)

Editor: Hendra Wibawa

Berita Terkini Lainnya