KETUA DPR: Malam Ini Golkar Rapat, Besok Pengganti Setya Novanto Diumumkan

Oleh: John Andhi Oktaveri 14 Januari 2018 | 17:45 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat pembukaan Rapimnas Partai Golkar di Jakarta Convention Center, Senin (18/12). Rapimnas tersebut membahas hasil rapat pleno DPP Partai Golkar serta membahas sikap Golkar dalam mendukung kembali Joko Widodo sebagai calon presiden di Pemilu 2019. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kabar24.com, JAKARTA — Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Sarmuji memastikan pengumuman nama Ketua DPR yang baru dari Partai Golkar akan dilakukan pada Senin (15/1/2018).

Menurutnya, pengumuman akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto pukul 08.00 WIB pagi di Ruangan Fraksi Golkar, Gedung DPR.

Menurutnya, pengumuman itu akan didahului dengan pembahasan usulan pergantian nama Ketua DPR dan akan diputuskan melalui rapat malam ini, Minggu (14/1/2018).

"Nanti malam [Ketua DPR] akan diputuskan, dan disyahkan dalam rapat harian terbatas," ujarnya.

Dari informasi yang beredar di kalangan dari berbagai sumber, perebutan kursi ketua DPR mengerucut pada dua nama, yakni Bambang Soesatyo (Bamsoet), dan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sebelumnya Sarmuji mengatakan Fraksi Partai Golkar di DPR berencana mengajukan Ketua DPR pengganti Setya Novanto setelah revisi Undang-undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) selesai dibahas.

Sarmuji mengatakan pembahasan UU MD3 tak akan memakan waktu lama karena hanya merevisi dua pasal.

"Kami ingin menyelesaikan revisi Undang-undang MD3 secepatnya. Sekaligus menyelesaikan pergantian Ketua DPR. Jadi sekali langkah dua persoalan selesai," kata Sarmuji. Dia mengatakan, revisi Undang-undang itu terkait penambahan kursi Wakil Ketua DPR untuk Fraksi PDIP.

"Ada keinginan untuk menambah satu wakil ketua DPR dari PDIP sebagai penghormatan bagi pemenang Pemilu tahun 2014," kata Sarmuji.

Sebelumnya, elite Partai Golkar Ahmadi Noor Supit memastikan, Bambang Soesatyo akan menjabat ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto.

"Sudah. Sudah fix, namanya Bambang Soesatyo," kata Supit. Akan tetapi, pernyataan itu dibantah oleh Ketua Dewan Pakar Agung Laksono yang menyebutkan belum ada keputusan.

Sedangkan politisi Golkar yang juga Wakil Ketua MPR Mahyudin mengatakan kemungkinan besar posisi ketua DPR akan dijabat Bambang Soesatyo.

Editor: Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkini Lainnya