Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Buka Rute Langsung Makassar-Palembang

Maskapai penerbangan plat merah, Garuda Indonesia, membuka rute langsung dari Makassar (Sulawesi Selatan) ke Palembang (Sumatra Selatan).
Garuda Indonesia/Reuters
Garuda Indonesia/Reuters

Bisnis.com, MAKASSAR - Maskapai penerbangan plat merah, Garuda Indonesia, membuka rute langsung dari Makassar (Sulawesi Selatan) ke Palembang (Sumatra Selatan) sebagai bagian dari upaya perseroan memperluas konektivitas dari timur ke barat dan sebaliknya.

VP Domestik Region IV Garuda Indonesia I Wayan Supatrayasa mengemukakan penambahan rute itu juga dimaksudkan pula untuk lebih memperkuat posisi Makassar sebagai hub perseroan di wilayah timur yang terhubung pula secara langsung dengan destinasi wilayah barat Tanah Air.

Secara khusus, lanjutnya, langkah perluasan konektivitas itu diharapkan bisa menjadi katalis positif dalam percepatan pengembangan destinasi pariwisata di wilayah timur yang mana akses melalui Makassar sebagai pintu gerbang dari wilayah barat.

"Tentunya kami berharap bisa memberikan multiplier effect yang besar, mulai dari pariwisata, konektivitas penerbangan serta perekonomian untuk skala yang lebih luas," katanya pada Selasa (16/1/2018).

Adapun rute baru itu dijadwalkan mulai beroperasi secara efektif mulai pada Rabu (17/1/2018) dengan frekuensi penerbangan empat kali dalam sepekan yakni Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Pada rute tersebut, Garuda Indonesia menggunakan armada pesawat jenis CRJ Bombardier 1000 NextGen dengan kapasitas sebanyak 96 kursi yang memiliki nomor penerbangan GA274.

Adapun jadwal take off dari Makassar pada pukul 17.55 Wita dengan estimasi tiba di Palembang pukul 19.35 WIB, sedangkan penerbangan dari Palembang menuju Makassar pada 20.15 WIB dan tiba pukul 23.55 Wita.

Secara keseluruhan, pembukaan rute penerbangan langsung Makassar-Palembang menambah deretan layanan rute baru perseroan yang sebelumnya juga telah menjangkau sejumlah destinasi di wilayah tengah maupun barat seperti Kupang (Nusa Tenggara Timur) dan Medan (Sumatra Utara).

Menurut Wayan, penguatan konektivitas tidak hanya terpaku pada rute penerbangan jarak menengah dan jauh tetapi juga rute-rute perintis di mana salah satunya pada wilayah Sulawesi.

Pada akhir tahun lalu Garuda membuka secara efektif rute intra Sulawesi dengan berorientasi pada konektivitas dari Makassar ke Palopo, Palu, Kendari-Wakatobi serta penambahan frekuensi pada beberapa rute lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper