Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem Integrasi Logistik Akan Diterapkan Tahun Ini

Sistem integrasi logistik yang sudah dicanangkan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik sejak 2016 akan mulai diimplementasikan tahun ini.
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Jason Lee
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Jason Lee

Bisnis.com, JAKARTA -- Sistem integrasi logistik yang sudah dicanangkan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik sejak 2016 akan mulai diimplementasikan tahun ini.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik (Asperindo) M Feriadi mengatakan sistem yang bernama Asperindo Logistic Integrated Solution (ALIS) ini sudah dilakukan pilot projek pada tahun lalu dengan target awal internal anggota.

"ALIS difokuskan kepada anggota terlebih dahulu. Ini sifatnya mandatory. Jadi wajib," katanya, Selasa (16/1/2018).

Feriadi menambahkan banyak sekali keuntungan yang didapat ketika sudah bergabung dengan ALIS. Salah satunya adalah memberikan akses kepada anggota untuk bisa mengembangkan bisnisnya yang selama ini melakukan pengiriman dalam kota.

Dengan sistem yang memungkinkan antar anggota saling terkoneksi, maka memudahkan untuk melakukan pengiriman domestik atau antar kota.

Menurutnya, banyak potensi yang dimiliki daerah untuk dikembangkan. Tapi UKM tidak memiliki pemahaman mengenai logistik. Oleh karena itu kehadiran ALIS diharap bisa membantu mereka dalam distribusi baik nasional maupun internasional.

Feriadi memaparkan jumlah pelaku UKM di Indonesia cukup banyak. Begitu juga dengan produk-produk yang dihasilkan. Potensi yang cukup besar itu harus dikembangkan oleh industi jasa pengiriman guna kemajuan UKM.
 
Melalui sistem ini nanti akan terpampang anggota dari seluruh nusantara. Sehingga ketika ada satu pelaku usaha yang akan mengirim barang ke sebuah daerah, bisa bekerja sama dengan anggota Asperindo yang berada di kawasan tersebut.

Selain itu Feri juga mengimbau agar pengusaha jasa kurir segera bergabung dengan Asperindo. Karena masih ada yang belum mendaftarkan diri.

Padahal keuntungan menjadi Asperindo adalah pelaku bisa mendapatkan nomor pengenal importir khusus. "Itu hanya bisa didapatkan jika bergabung Asperindo," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper