Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT PNM Siap Bina Ratusan UMKM Kaltara

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero Cabang Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan pembinaan kepada ratusan nasabah atau pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kaltara.
PT PNM (Persero) memberikan penjelaskan kepada pelaku-pelaku UMKM di Kaltara  Bisnis/Eldwin Sangga
PT PNM (Persero) memberikan penjelaskan kepada pelaku-pelaku UMKM di Kaltara Bisnis/Eldwin Sangga

Bisnis.com, TARAKAN – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero Cabang Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan pembinaan kepada ratusan nasabah atau pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kaltara.

Pempimpin PT PNM Persero Cabang Kaltara Turmuzi mengatakan yang menjadi fokus utama pihaknya adalah terus meningkatkan produktifitas para UMKM di Kaltara. Tentu dengan diadakan kapasitas pengembangan usaha di Kaltara.

“Kami sudah lakukan pemberian pembiayaan untuk modal kerja mereka (pelaku UMKM). Ada juga yang dipakai untuk investasi,” ujar Turmuzi kepada Bisnis.

Pascapemberian dana permodalan, kata dia, kemudian melakukan program pengembangan kapasitas usaha. Tidak hanya itu, dia menegaskan, juga melakukan pendampingan, pelatihan dan konsultasi kepada UMKM. Tujuannya, supaya usaha yang sudah berjalan dapat lebih berkembang lagi.

“Kami adakan kegiatan ekonomi kreatif. Misalnya mengembangkan sisi pemasarannya dan laporan keuangannya, karena ada yang sudah paham dan tidak kemungkinan juga ada yang belum paham pengelolaannya. Itu yang kami bantu dengan memfasilitasi,” katanya.

Turmuzi juga mengapresiasi kepada pelaku UMKM di Kaltara. Sebab, katanya, UMKM di Kaltara sudah sangat aktif, baik di sejumlah media sosial mau pun koordinasi langsung dengan instansi-instansi terkait. Artinya, aktif memasarkan atau menawarkan produk usaha para pelaku UMKM. Bahkan sampai ke luar Kaltara memasarkan produk UMKM, karena ingin produk juga di kenal di luar.

“Kami pengin UMKM khas Tarakan juga dikenal di luar Kaltara,” harapnya.

Untuk target nasabah, Turmuzi berujar, semaksimal mungkin atau sebanyak-banyaknya. Dia kembali menjelaskan tugas PNM tidak hanya memberikan modal usaha saja kepada nasabah UMKM. Namun, ada juga pembinaan dan pendampingan langsung yang diberikan.

“Jadi PNM ini beda dengan lembaga keuangan lain yang hanya memeberikan modal saja, habis itu selesai. Kalau PNM memberikan modal sekaligus pendampingan pascadiberikan modal usaha. Kami selalu kunjungi rumah ke rumah nasabah UMKM,” jelasnya.

“Kami dibentuk pemerintah memang khusus untuk usaha mikro. Pinjamannya pun hanya yang sudah milik usaha. Tidak bisa kalau nonusaha dikasih pinjaman.”

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kaltara Eko Pristiawan kepada Bisnis mengaku sudah banyak UMKM Kaltara yang menjadi binaan langsung PT PNM Cabang kaltara.

“Di area Kampung Empat sudah ada sebagian. Dan sudah beberapa kali dibina dan didampingi oleh PNM, sudah berjalan usahanya,” akunya.

Menurutnya, karena PT PNM Cabang Kaltara baru berdiri di Tarakan, jadi masih harus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pelaku UMKM di Kaltara.

“PNM di Kaltara baru setahun. Jadi sekarang ini PNM lagi mengenalkan tupoksi mereka kepada masyarakat dan memberikan pelatihan-pelatihan ke UMKM,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eldwin Sangga
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper