Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Load Factor Rute Garuda Makassar-Palembang Ditargetkan 80%

Garuda Indonesia optimistis rute penerbangan anyar yang dibuka perseroan yakni Makassar-Palembang bisa mencapai 80% dari sisi tingkat keterisian kursi penumpang atau load factor.
Aktivitas ground handling pesawat Garuda Indonesia./Reuters
Aktivitas ground handling pesawat Garuda Indonesia./Reuters

Bisnis.com, MAKASSAR - Garuda Indonesia optimistis rute penerbangan anyar yang dibuka perseroan yakni Makassar-Palembang bisa mencapai 80% dari sisi tingkat ketersian kursi penumpang (load factor).

VP Domestik Region IV Garuda Indonesia I Wayan Supatrayasa mengatakan rute tersebut diharapkan menjadi alternatif masyarakat dalam memangkas durasi perjalanan dari Sumatra ke wilayah timur melalui Makassar, begitu pun sebaliknya.

"Kami berharap load factor bisa tembus 80% kedepannya, apalagi ini memangkas waktu perjlanan dari Sumatra ke wilayah timur pulang pergi," katanya kepada Bisnis pada Jumat (19/1/2018).

Sebagai informasi, rute Makassar-Palembang PP dilayani perseroan secara efektif mulai 17 Januari lalu dengan frekuensi penerbangan empat kali dalam seminggu yakni Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Pada rute tersebut, Garuda Indonesia menggunakan armada pesawat jenis CRJ Bombardier 1000 NextGen dengan kapasitas sebanyak 96 kursi yang memiliki nomor penerbangan GA274.

Adapun jadwal take off dari Makassar pada pukul 17.55 Wita dengan estimasi tiba di Palembang pukul 19.35 WIB, sedangkan penerbangan dari Palembang menuju Makassar pada 20.15 WIB dan tiba pukul 23.55 Wita.

Secara keseluruhan, pembukaan rute penerbangan langsung Makassar-Palembang menambah deretan layanan rute anyar perseroan yang sebelumnya juga telah menjangkau sejumlah destinasi di wilayah tengah maupun barat seperti Kupang dan Medan.

Menurut Wayan, penguatan konektivitas tidak hanya terpaku pada rute penerbangan jarak menengah dan jauh tetapi juga rute-rute perintis di mana salah satunya pada wilayah Sulawesi.

Pada akhir tahun lalu, lanjutnya, Garuda telah membuka secara efektif rute intra Sulawesi dengan berorientasi pada konektivitas dari Makassar ke Palopo, Palu, Kendari-Wakatobi serta penambahan frekuensi pada beberapa rute lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper