Petani Binaan Sinar Mas Membudidaya Tanaman Kelor

Oleh: Yanuarius Viodeogo 22 Januari 2018 | 20:45 WIB
Petani Binaan Sinar Mas Membudidaya Tanaman Kelor
Para petani binaan Sinar Mas sedang menanam bibit daun kelor di Kecamatan Semitau, Kapuas Hulu di antara perkebunan kelapa sawit. Jibi/Dokumentasi Sinar Mas/Bisnis.com

Bisnis.com, PONTIANAK – Gabungan kelompok tani (Gapoktan) binaan Sinar Mas Agribusiness and Food mengembangan tanaman moringa atau biasa disebut daun kelor di sejumlah kecamatan di Kapuas Hulu.

CEO Perkebunan Sinar Mas Kalimantan Barat Susanto mengatakan, dalam pengembangan tanaman tersebut pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Dian Desa untuk diolah menjadi produk yang bernilai tambah ekonomi.

“Kami mengenalkan tanaman baru ini untuk dibudidayakan dan tanaman ini sebagai penyumbang gizi masyarakat. Tanaman ini cocok ditanam untuk penghijauan pekarangan tanpa harus di lahan yang luas,” kata Susanto dari rilis diterima Bisnis, Senin (22/1/2018).

Pengembangan daun tersebut dilakukan di Pusat Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat (P3M) Kecamatan Semitau. Lokasi lain budi daya daun ini di Kecamatan Suhaid.

Di P3M, tersedia pula area pengolahan pupuk kompos dengan bahan baku dari sekitar perkebunan seperti daun kacangan, daun semak belukar, dan janjang kosong pabrik sawit.

“Di P3M masyarakat yang mengalami masalah dengan kebun atau ingin mengetahui kelapa sawit bisa datang ke sini untuk saling berdiskusi dan belajar bersama memberikan inspirasi bagi pengembangan ke depan agar terjadi iklim kondusif bagi pengembangan dunia usaha,” ujarnya.

Dari berbagai literatur, daun ini memiliki sejumlah manfaat karena mengandung vitamin C dan A. Selain itu, berguna untuk pakai ternak.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya