Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gagalkan Pelarian Buronan, Angkasa Pura I Diapresiasi Menhub

Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi kepada tim aviation security PT Angkasa Pura I cabang Bandara Pattimura Ambon yang berhasil menggagalkan pelarian dua orang terduga kasus pencurian uang senilai Rp850 juta.
Bandar Udara Pattimura di Ambon/wikimapia
Bandar Udara Pattimura di Ambon/wikimapia

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi kepada tim aviation security PT Angkasa Pura I cabang Bandara Pattimura Ambon yang berhasil menggagalkan pelarian dua orang terduga kasus pencurian uang senilai Rp850 juta.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan peran avsec yang sangat penting tidak hanya untuk menjaga keamanan di area bandara, tetapi juga untuk daerah sekitar. Dengan koordinasi dan kerjasama yang baik bersama aparat keamanan yang lain seperti Polri, avsec bisa ikut membantu menangkal potensi-potensi keamanan di daerah tersebut.

"Saya berterimakasih kepada tim aviation security PT Angkasa Pura I cabang Bandara Pattimura Ambon yang telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik sesuai dengan keahlian yang diperolehnya dalam pelatihan keamanan penerbangan," kata Agus dalam siaran pers hari ini Senin (22/1/2018).

Dia menambahkan personil avsec mempunyai sertifikat yang didapat setelah melakukan pelatihan sesuai Annex 17 Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), UU No. 1/2009 tentang Penerbangan dan Keputusan Menteri Perhubungan No. 9/2010 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.

Menurutnya, keamanan penerbangan mempunyai peran yang penting seperti halnya keselamatan penerbangan. Setiap personil harus mempunyai skill yang dilatih secara terus menerus dan standar prosedur operasi yang terstandarisasi internasional dan nasional.

Kronologis kejadian penangkapan dua terduga kasus pencurian tersebut diawali saat Tim avsec Bandara Pattimura menerima informasi dari Kepolisian Daerah Maluku mengenai kasus pencurian tersebut pada 18 Januari 2018.

Tim avsec kemudian langsung memperketat pengamanan dan melakukan profiling kepada calon penumpang serta barang bawaan di Bandara Pattimura untuk mencegah terduga pelaku pencurian melarikan diri melalui bandara.

Upaya ini membuahkan hasil, saat dua orang yang memenuhi profil yang disampaikan oleh Kepolisian Daerah Maluku melewati Metal Detector pada Screening Check Point (SCP) 1. Guna memastikan, petugas AVSEC di lapangan, dihadirkan personel Polsek Kawasan Bandara untuk mengidentifikasi terduga pelaku.

Pemeriksaan lanjutan kemudian dilakukan di posko Avsec dan identitas terduga pelaku berinisial AM (55 tahun) dan JA (28 tahun). Kedua terduga pelaku tersebut segera dibawa pergi oleh personel Kepolisian Daerah Maluku bersama barang bukti setelah pemeriksaan selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper