Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan Teknologi, PLN Gandeng ITS

PLN terus melakukan pengembangan teknologi ketenagalistrikan dengan sejumlah universitas terkemuka di Indonesia, komitmen tersebut diwujudkan dengan penandatanganan 6 dokumen kesepakatan (Head Of Agreement) antara PLN dengan Institute Tekhnologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).
Pekerja memasang instalasi listrik di desa Kamiri, Barru, Sulawesi Selatan, Senin (15/1)./ANTARA-Yusran Uccang
Pekerja memasang instalasi listrik di desa Kamiri, Barru, Sulawesi Selatan, Senin (15/1)./ANTARA-Yusran Uccang

Bisnis.com, JAKARTA-- PT PLN (Pesero) terus melakukan pengembangan teknologi ketenagalistrikan dengan sejumlah universitas terkemuka di Indonesia, komitmen tersebut diwujudkan dengan penandatanganan 6 dokumen kesepakatan (Head Of Agreement) antara PLN dengan Institute Tekhnologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Head of Agreement (HoA) ini merupakan perjanjian yang lebih mengikat daripada MoU, yang berisi gambaran umum lingkup pekerjaan kerjasama unit-unit PLN dengan ITS. Tindak lanjut dari HoA ini nantinya adalah Kontrak/Perjanjian kerjasama.

Penandatangan HoA dilakukan antara ITS, yang diwakili oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pengelola Usaha (BPPU) ITS, Dr Ketut Gunarta, dengan para General Manager unit-unit PLN Regional Sumatera, yang diwakili oleh unit-unit Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (KITSBU), Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (KITSBS), Wilayah Sumut, Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR), Wilayah Bangka Belitung dan Distribusi Lampung. Selain itu, penandatanganan juga dilakukan antara ITS dengan PT. PJB.

Penandatanganan juga disaksikan oleh Direktur Bisnis Regional Sumatera, Direktur Utama PT. PJB Bpk Iwan Agung Fistantara, serta Kepala Divisi Pengembangan PT. PLN Regional Sumatera Bpk Budi Pangestu.

HoA ini merupakan tindak lanjut dari lawatan PLN dan sejumlah rektor universitas dan praktisi pendidikan ke China pada akhir 2017 lalu, serta implementasi penandatanganan MoU tentang Pendidikan, Penelitian dan Penerapan Teknologi Ketenagalistrikan antara Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, dengan Rektor ITS, Prof. Joni Hermana, pada tanggal 29 November 2017 yang lalu.

Setidaknya terdapat total 36 kerjasama bidang ketenagalistrikan yang akan dilakukan, yang kajian studinya meliputi sisi pembangkitan hingga aspek distribusi; masing-masing terdiri dari 25 kerjasama antara ITS dengan PLN Regional Sumatera, dan 11 kesepakatan kerjasama antara ITS dengan PT. PJB.

Direktur Regional Bisnis Sumatera, Wiluyo Kusdwiharyo menyatakan pentingnya kerjasama ini untuk mengembangkan inovasi dan sharing knowledge.

"Kami harap kerjasama ini nantinya bisa menghasilkan inovasi-inovasi baru yang bisa menciptakan teknologi dan kinerja yang efisien untuk perkembangan infrastruktur kelistrikan tanah air."Ungkap Wiluyo, melalui siaran pers, Selasa (23/1).

Lebih jauh, semoga rintisan kerjasama ini akan membuka jalan dalam memenuhi harapan Menteri BUMN dan Direksi PLN dalam meningkatkan kemampuan sumberdaya Indonesia di bidang ketenagalistrikan serta memotivasi sinergi antara PLN dan Perguruan Tinggi lain di Indonesia, dalam turut membangun negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper