Berawal Dari Room Boy, Kini Sutan P. Lubis Jadi General Manager Hotel

Oleh: Fariz Fadhillah 06 Februari 2018 | 14:35 WIB
Berawal Dari Room Boy, Kini Sutan P. Lubis Jadi General Manager Hotel
General Manager Hotel Grand Tjokro Balikpapan Sultan Porang Lubis./JIBI-Fariz Fadhillah

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Berkarier selama 27 tahun pada industri hospitality, membuat Sutan Porang Lubis paham benar lika liku bisnis itu. Mengawali pekerjaan sebagai room boy di sebuah hotel Pekanbaru, Sutan kini telah menjadi General Manager Hotel Grand Tjokro Balikpapan.

Menjadi pucuk pimpinan di hotel berbintang empat itu, menurut bapak dua anak ini, adalah pengalaman yang paling menyenangkan. Ia mesti menjadi figur yang baik bagi 108 orang pegawai yang mengurus 148 kamar serta fasillitas yang lain. Namun, ia mengaku lebih suka berada di tengah-tengah karyawan dibanding duduk di belakang meja.

Jejak kariernya di bisnis perhotelan mungkin mengikuti sebagian besar keluarganya yang berkarier di bisnis yang sama. Dia pernah mencicipi karier di perusahaan minyak bahkan percetakan tetapi kembali lagi ke bisnis hospitality.

“101% kadar cinta saya dengan pekerjaan yang saya jalani saat ini. Tidak menilai dengan nominal karena prinsip saya service itu memang tidak bisa diukur tapi bisa dirasakan,” katanya kepada Bisnis.com.

Dia berpendapat, leadership adalah kemampuan untuk memberikan atau mentransfer kemampuan dari pemimpin ke tim sehingga dapat menjalankan visi dan misi perusahaan serta mencapai target yang diharapkan yang kemudian dievaluasi secara berkala.

“[Saya menerapkan] soft approaching. Pendekatan kekeluargaan, kaderisasi dan kepercayaan. Menanamkan nilai-nilai kepemimpinan seperti yang dilakukan oleh para rasul panutan kita. Insyaallah dengan fondasi keagamaan kualitas diri akan semakin baik. Bagi saya disiplin itu nomor satu, jujur secara profesional dan kepercayaan akan membuat mereka enjoy dengan pekerjaaanya.”

Menghadapi persaingan di bisnis hospitality di Balikpapan, Sultan sudah menyiapkan konsep memasuki tahun ketiga Grand Tjokro Balikpapan beroperasi. Pihaknya menawarkan berbagai pengalaman baru menginap di hotel, salah satunya dengan membuat wahana baru untuk aktivitas anak.

Promo pun juga disiapkan untuk sejumlah social event, seperti wedding, arisan, birthday party, table manner dan cooking class. Sutan menargetkan kinerja hotelnya pada 2018 dapat tumbuh hingga 20% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Mengarah pada costumer need tahun ini, kami mengusung konsep family dengan memberikan layanan istimewa berakhir pekan bersama keluarga di hotel menjadi destinasi alternatif warga Balikpapan selain di mall dan pusat perbelanjaan lainnya,” tuturnya.

Editor: Rachmad Subiyanto

Berita Terkini Lainnya