Sumbang Rp13,7 Miliar dari Sektor Parkir, AP I Balikpapan Diganjar Penghargaan

Oleh: Fariz Fadhillah 09 Februari 2018 | 20:54 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Dari parkir Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan mampu meraup Rp 13,7 miliar masuk kas daerah sepanjang 2017 lalu.

Apresiasi pun diberikan pemerintah daerah kepada PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Balikpapan, selaku otoritas pengelola bandara.

Dua penghargaan sekaligus diberikan, yaitu mengenai nilai Pajak Bumi & Bangunan (PBB) terbesar dan penghargaan Kepatuhan Membayar Pajak Parkir 2017.

Penghargaan diberikan dalam Sidang Paripurna Istimewa peringatan HUT ke-121 Balikpapan oleh Wali Kota Rizal Effendi kepada General Manager AP I Balikpapan Handy Heryudhitiawan.

“13,7 Miliar itu untuk jumlah pajak parkir sepanjang 2017. Terdiri atas parkir kendaraan roda empat dan roda dua yang dibayarkan mencapai 7,5 miliar. Kami akan ikut membangun Balikpapan,” kata Handy, Jumat (9/2).

Ke depan sebagai entitas bisnis di Balikpapan pihaknya akan ikut andil dalam pemberdayaan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Akhir Desember lalu sebanyak 30 pelaku UMKM dilatih mengenai kompetensi kewirausahaan dengan menggandeng Lembaga Pengembagan Sumber Daya Manusia - Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran Bandung (LPSDM-IKA UNPAD).

Di satu sisi dengan situasi ekonomi yang mulai menunjukkan perbaikan, pihaknya juga menargetkan kenaikan jumlah penumpang hingga 5 persen pada 2018. “Tentunya melalui program-program strategis dan inovasi meningkatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa,” tuturnya.

Sementara Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menekankan jika penghargaan diberikan untuk menjadi contoh kepada perusahaan lainnya agar tertib dalam membayar pajak.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer