Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dispar Bali Target Kunjungan Wisman India

Dinas Pariwisata Bali mulai menarget peningkatan kunjungan wisman India ke Bali pada 2018 setelah kunjungan wisatawan China masih menunjukkan penurunan.
Wisatawan India/Bloomberg-Putu Sayoga
Wisatawan India/Bloomberg-Putu Sayoga

Kabar24.com, DENPASAR -- Dinas Pariwisata Bali mulai menarget peningkatan kunjungan wisman India ke Bali pada 2018 setelah kunjungan wisatawan China masih menunjukkan penurunan.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Anak Agung Gede Yuniartha Putra mengatakan minat kunjungan wisman India ke Bali sama sekali tidak terpengaruh aktivitas Gunung Agung. Hal ini menjadikan wisatawan kebangsaan India menjadi target selanjutnya bagi Bali.

Walaupun demikian, dia tidak menampik juga akan terus meningkatkan jumlah kunjungan wisman kebangsaan lainnya.

"Kita mau semua orang datang ke Bali, kita harapkan juga yang lainnya tentu lebih banyak juga, seperti Jepang mulai meningkat, Perancis mulai naik, London juga mulai meningkat," katanya kepada Bisnis, Senin (12/2/2018).

Yuniartha sendiri optimistis Bali masih menjadi target kunjungan wisatawan mancanegara. Apalagi pada Juni 2018 nanti, artis India akan mengadakan kegiatan Bolywood award di Bali. Kegiatan ini dinilai akan meningkatkan kunjungan wisman terutama kebangsaan India ke Bali.

"Karena bolywood akan dilakukan di Bali dan akan ada kegiatan artis mereka," katanya.

Data BPS Bali, kunjungan wisman India justru mulai menarik perhatian lantaran jumlahnya terus meningkat. Tercatat sejak Januari 2016, wisman India ke Bali mencapai 13.711 kunjungan. Jumlah ini terus meningkat hingga puncak tertinggi pada Juni 2017 yang sebanyak 31.574 kunjungan.

Kemudian, jumlahnya sempat menurun mulai September 2017 karena faktor musiman, namun kembali lagi meningkat pada Desember 2017 yang mencapai 29.123 kunjungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper