Ilustrasi/JIBI
Health

Soal Kelanjutan Pendidikan, "Kids Zaman Now" Tak Bisa Lagi Terlalu Diatur

Yoseph Pencawan
Selasa, 20 Februari 2018 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan teknologi membuat anak tidak lagi menunggu dan menerima begitu saja keinginan orang tua terhadap kelanjutan pendidikannya.

Lisa Ratriana, Akademisi Psikologi Binus University menilai anak-anak zaman sekarang mampu lebih cepat memutuskan pilihan pendidikan yang akan ditempuh dipandu dengan informasi yang banyak ditemukan di berbagai media sosial dan sarana lain.

"Kids Zaman Now lebih cepat memutuskan kelanjutan pendidikannya karena banyak yang dia lihat dengan kemudahan informasi sekarang ini," ujarnya, belum lama ini.

Namun menurut dia, peran orang tua tetap diperlukan dalam penentuan kelanjutan pendidikan anak. Orang tua harus tetap membantu mengarahkan anak dan tidak boleh melepas begitu saja.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Orang tua harus menyediakan waktu khusus buat keluarga untuk berdiskusi, termasuk mengenai keinginan anak terhadap pendidikannya ke depan.

Selain dari itu, orang tua juga perlu mengarahkan pendidikan anaknya sejak dini, bukan setelah duduk di sekolah menengah atas. "Kalau tamat SMA orang tua baru mengarahkan anaknya itu sudah terlambat."

Bila anak pada akhirnya ternyata memilih pendidikan yang tidak sesuai dengan keinginan atau harapan orang tua dan orang tua melarangnya, orang tua harus menjelaskan mengapa melakukan pelarangan.

Anak pun harus dimintai penjelasan mengenai alasan pilihannya tersebut. Sepanjang dia bisa mempertanggung jawabkan apa yang dia pilih, menurutnya, orang tua perlu mendukung.

Saat ini orang tua, mau tidak mau, harus mengikuti perkembangan zaman, terkait dengan arah kelanjutan pendidikan anak. Bahkan orang tua harus berada di belakang anaknya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro