Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Siap Akomodasi Para Pejalan Kaki

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menata kembali Jalan Sudirman-M. H. Thamrin agar ramah terhadap pejalan kaki.

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menata kembali Jalan Sudirman-M. H. Thamrin agar ramah terhadap pejalan kaki.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjelaskan berencana untuk menata kembali sepanjang Jalan Sudirman-M. H. Thamrin agar mengakomodasi pengguna jalan di daerah tersebut. Kendati demikian, rancang bangunan atau desain jalan tersebut belum sepenuhnya beres sehingga diperlukan beberapa perbaikan.

"Betul memang sudah jadi rancangannya tapi perlu pematangan. Dimatangkan dulu [bila] semuanya beres baru diumumkan," kata Anies, Rabu (21/2/2018).

Dia mengatakan akan membuat konsep jalan yang bisa membuat penggunanya bisa berinteraksi dengan fasilitas yang dimiliki.

"Warga bisa merasakan ini sebagai sebuah kota yang ramah bagi pejalan kaki. Mudah-mudahan akhir bulan ini [penataan dimulai]," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Gamal Sinurat, menjelaskan pematangan rancangan ini masih mempertimbangkan beberapa faktor, yakni drainase, bangku atau kursi, desain lantai di trotoar, dan lain-lain.

Adapun untuk memanjakan para pejalan kaki di sekitar Jalan Sudirman-M. H. Thamrin akan diperlebar trotoarnya dan diberikan tambahan seperti pepohonan agar lebih ramah lingkungan dan sejuk bagi pengguna jalan.

"[Lebar trotoar] bervariasi antara seluas 10 meter-12 meter. Beda-beda tergantung kondisi, sekarang lebar rata-rata seluas 3 meter-5 meter," kata Gamal, Rabu (21/2/2018).

Dia menambahkan bahwa di beberapa titik jalan akan diadakan etalase bernuansa kedaerahan. "Didesain sedemikian rupa untuk ditempatkan benda-benda [atau kegiatan] seni dan budaya," ungkapnya.

Menurutnya, selain penataan trotoar, jalan raya juga akan diatur agar lebih lancar bagi pengendara pribadi dan angkutam umum. "Untuk busway satu jalur, mobil tiga, baru kemudian bus reguler dan sepeda motor satu," imbuhnya.

Sementara itu, Gamal berharap pengerjaan desain trotoar dan jalan raya ini akan selesai pada akhir bulan Februari sehingga pada Maret tahun ini bisa segera dikerjakan proyeknya. "Akan diupayakan agar sebelum Asian Games bisa selesai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper