Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Kabel Laut 20 kV, PLN Listriki Gili Gede

PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat tengah membangun infrastruktur kelistrikan untuk mengalirkan listrik ke salah satu pulau potensi pariwasata di Nusa Tenggara Barat, yakni Gili Gede.
Jaringan listrik/JIBI-Paulus Tandi Bone
Jaringan listrik/JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA -- PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat tengah membangun infrastruktur kelistrikan untuk mengalirkan listrik ke salah satu pulau potensi pariwasata di Nusa Tenggara Barat, yakni Gili Gede.

Rencananya listrik di Gili Gede akan disambungkan dengan sistem kelistrikan Lombok dimana PLN akan membangun kabel laut 20 kiloVolt (kV) sepanjang 2 x 2,4 km.

General Manager PLN Wilayah NTB Mukhtar mengungkapkan  tantangan paling besar yang dihadapi saat melistriki wilayah-wilayah terpencil adalah medan yang sulit dan alat transportasi yang terbatas.

Untuk melistriki Gili Gede misalnya, pengangkutan peralatan kelistrikan dengan cara-cara tradisional, yaitu menggunakan tongkang sederhana yang ditarik oleh sebuah kapal kayu. Untuk menaikan seluruh peralatan, seperti gulungan kabel, trafo dan tiang juga dilakukan secara manual, dengan digotong atau menggunakan gerobak.

“Hal ini membuat proses pengangkutan dan pembangunannya lebih lama. Karena kapal dan peralatannya sederhana, tentu kami harus lebih hati-hati. Ombak besar sedikit, tentu menaikkan peralatan ke kapal lebih sulit, bahkan terkadang kami harus menunda pengangkutan sampai cuacanya membaik,” ujar Mukhtar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/2/2018).

Begitu juga saat tiba di Gili Gede seluruh peralatan diangkut dari dermaga menuju lokasi pemasangan menggunakan gerobak, bahkan terkadang harus digotong oleh beberapa petugas. Pasalnya, selain akses jalan yang kecil, di Gili Gede pun tidak terdapat mobil.

“Kami akan menyambungkan 2 kabel sekaligus, satu sebagai cadangan, sehingga jika ada gangguan, penyaluran listrik bisa dialihkan. Selain itu, kalau pertumbuhan beban tinggi, kami juga tetap bisa penuhi,” kata Mukhtar.

Gili Gede merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi, khususnya di bidang perikanan dan pariwisata. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan budidaya ikan laut. Beberapa penduduk juga memiliki homestay bagi wisatawan. Saat ini, penduduk Gili Gede menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Oleh karena itu, kehadiran listrik PLN ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Gili Gede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper