Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada Kaltim : Jamin Netralitas, Kodam VI Mulawarman Bentuk Timsus

Kodam) VI/Mulawarman menjamin netralitas prajurit dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kaltim dengan membentuk tim khusus, Senin (26/2).

Bisnis.com, BALIKPAPAN– Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman menjamin netralitas prajurit dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kaltim dengan membentuk tim khusus, Senin (26/2).

"Kodam membentuk tim khusus untuk mengawasi netralitas prajurit. Jadi tidak usah khawatir, kita pasti netral dan yang melanggar juga dikenakan sanksi,” ujar Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji dalam rapat pimpinan yang dihadiri seluruh pejabat komandan satuan dan staf Kodam VI/Mlw (26/2).

Pangdam mengatakan, rapim penting dilakukan agar instruksi dari Mabes TNI dapat dipahami oleh perwira hingga tamtama.

“Agar satu visi dan misi dan seluruh kebijakan Panglima dan Kasad dapat dilaksanakan seluruh jajaran di seluruh daerah, karena tahun ini adalah tahun politik maka ada stretching untuk mengamankan,” kata Sonhadji.

Jenderal bintang dua ini mengungkap bahwa Selasa besok dilanjutkan dengan Rapim TNI-Polri selama 2 hari.

Di dalamnnya akan diadakan simulasi pengamanan serta menghadirkan pembicara dari KPU dan Bawaslu Kaltim. Dalam pengamanan pemilukada, kata dia TNI berperan memperkuat Polri.

“Tahun ini Kapolri meminta TNI AD termasuk jajaran Kodam sebanyak 2/3 kekuatan yang artinya TNI ditempatkan sebagai mitra strategis untuk pengamanan pemilukada sehingga pada kondisi normal, TNI ada di belakang,” terangnya.

Namun pada kondisi tertentu terutama ketika eskalasi konflik pemilukada meningkat maka TNI AD maju sesuai dengan keinginan Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fariz Fadhillah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper