Bandara SAMS Sepinggan Targetkan jadi Terbaik Dunia versi ASQ

Oleh: Fariz Fadhillah 08 Maret 2018 | 13:11 WIB
Fasilitas Airport Operation Control Center (AOCC) di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan/Fariz Fadhillah

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Timur resmi menyandang predikat terbaik dunia kedua Airport Service Quality atau ASQ untuk bandara berpenumpang 5 – 15 juta orang per tahun.

Penilaian dilakukan oleh Airport Council International (ACI)--sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada-- yang menetapkan Bandara Rajiv Gandhy di Hyderabad, India sebagai terbaik pertama.

Bandara SAMS bersanding dengan Bandara Hohhot asal Tiongkok, disusul bandara Chocin dan Pune dari China serta Kalkuta, India di peringkat ketiga.

"Kami sudah mendapat informasi ini via email sejak beberapa hari lalu, namun menunggu dipublish oleh mereka pada hari ini," terang General Manager AP 1 SAMS Sepinggan Balikpapan, Handy Heryudhitiawan, Kamis (8/3) dihubungi Bisnis.

Kata Handy, Bandara SAMS menjadi satu satunya perwakilan Indonesia yang selalu masuk dalam 10 besar dunia dalam penilaian triwulan ACI.

Adapun Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meraih juara 1 dan Juanda Juara III untuk bandara dengan jumlah penumpang 15 – 25 juta orang per tahun.

ASQ adalah program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara oleh ACI.

Penilaian, kata Handy, dilakukan dengan mengambil 34 parameter yang ada dengan mengutus dua delegasi khusus ke Indonesia untuk pengecekan.

"Bobot tertinggi dan terberat berada di layanan dan kenyamanan penumpang," jelas Handy. Selain itu akesibilitaa menuju dan dari Bandara SAMS ke daerah lain di Kalimantan menjadi penilaian lain.

Dia mengatakan sejauh ini baru Bandara SAMS dan I Gusti Ngurah Rai yang memiliki kru terlatih melayani penuandang disabilitas.

Ke depan dia optimistis Bandara SAMS dapat meraih The Best Airport ASQ 2018 dengan menambah beragam strategi dan inovasi pelayanan.

"Kami akan merelokasi mitra tenant untuk dipercantik lagi sehingga terlihat apik dan kenyamanan dalam pelayanan semakin dirasakan calon penumpang. Penghargaan ini momentum kita untuk terus berbenah," ungkapnya.

Sebagai informasi Bisnis menghimpun Bandara SAMS menjadi salah satu yang terpadat dengan 25 rute penerbangan dengan 12 Airlines berjadwal dan 7 Airlines charter.

Di Balikpapaan tersedia sebanyak fasilitas 53 parkir stand serta hangar. AP 1 Balikpapan mematok target 10 juta penumpang (pax) per tahun di mana saat ini masih di kisaran 7,4 juta. Rata rata jumlah saat ini mencapai 20.000 penumpang (pax) per hari dengan total 180 take off landing pesawat per hari.

Director General ACI World Angela Gittens dalam siaran pers ACI, mengatakan pengukuran secara objektif dapat memacu kinerja perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di industri kebandarudaraan.

"Bandara-bandara ini telah mendedikasikan dirinya untuk memberikan pelayanan pelanggan yang berkualitas dan menciptakan pengalaman pelanggan yang sangat baik.

ACI secara bangga mengakui capaian seluruh bandara yang berada dalam jaringan ACI global dan meraih penghargaan,” katanya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya