Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penandatanganan Kerja Sama Terbanyak Kemendes PDTT Masuk Rekor Muri

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meraih 2 rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) di bidang pembangunan infrastruktur dan penandatanganan perjanjian kerja sama.
Museum Rekor Indonesia (MURI)./JIBI
Museum Rekor Indonesia (MURI)./JIBI

Kabar24.com, JAKARTA-Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meraih 2 rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) di bidang pembangunan infrastruktur dan penandatanganan perjanjian kerja sama.

Perwakilan Muri, Oesman Susilo,  mengatakan rekor Muri dengan pembangunan infrastruktur terbanyak dalam kurun waktu 3 tahun tersebut adalah pembangunan yang dilaksanakan melalui anggaran dana desa sekitar Rp127 triliun.

Pembangunan infrastruktur itu tersebar di seluruh desa di Indonesia meliputi jalan desa sepanjang 123.145 meter, jembatan 791.258 meter, drainase 38.217.065 meter, 6.223 unit pasar desa, 65.918 unit penahan tanah,

Serta tambatan prahu 2.882 unit, prasarana air besih 37.496 unit, MCK 108.486 unit, sumur 30.212 unit, embung 1.927 unit, irigasi desa  28.091 meter, PUD 18.072 unit, Polines 5.314 unit, Posyandu 11.414 unit dan sarana olahraga 3.004 unit.

“Sedangkan rekor lainnya adalah perjanjian kerja sama antara kementerian dengan pemerintah kabupaten dan pihak swasta,” katanya dalam situs resmi Kemendes PDTT, Kamis (15/3/2018).

Menurutnya, penandtatangann perjanjian kerja sama terkait dengan pengembangan dan pengelolaan Prukades itu melibatkan sekitar 102  kabupaten dan 68 perusahaan dengan sebanyak 200 nota kesepahaman bersama.

Sementara itu Menteri Desa PDTT, Eko Sandjojo, menyatakan terima kasihnya kepada Muri yang telah memberikan rekor dalam beberapa hal pencapaian dana desa dan tanda tangan perjanjian kerja sama terbanyak dalam sejarah Indonesia.

"Mudah-mudahan rekor ini bisa lebih menyemangati lagi para kepala daerah, kepala desa dan masyarakat desa untuk bisa lebih membangun desanya masing-masing," ujarnya.

Dia menjelaskan penandatangan nota kesepahaman yang memecahkan rekor Muri itu akan membawa nilai investasi ke desa mencapai sekitar Rp47 triliun dan menyerap tenaga kerja hingga 10 juta jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper