Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Koperasi Perlu Lakukan Pembagian Sektor Usaha

Koperasi di Indonesia dinilai perlu melakukan rekayasa kelembagaan lewat spin-off agar mampu bertahan.
Logo Koperasi Indonesia
Logo Koperasi Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA -- Koperasi di Indonesia dinilai perlu melakukan rekayasa kelembagaan lewat spin-off agar mampu bertahan.

Asisten Deputi Peraturan Perundang-undangan Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Salekan, menjelaskan, spin off adalah pembagian organisasi ke berbagai sektor usaha baik jasa, produksi, dan konsumsi.

Kelembagaan koperasi ini membentuk badan hukum baru yang beroperasi di bawah sistem Group, Holding, atau Konsorsium.

"Spin off ini dilakukan untuk pengembangan koperasi secara transformatif untuk menyikapi kondisi internal dan menghadapi perubahan lingkungan eksternal yang dinamis," katanya, melalui keterangan resminya, Selasa (20/3/2018).

Dia menjelaskan sasaran dilaksanakannya pembagian (spin off) ini agar terwujudnya koperasi sebagai badan usaha yang sehat, tangguh, kuat dan mandiri, sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang lebih berperan dalam perekonomian nasional.

"Selain itu, agar terwujudnya koperasi-koperasi yang memiliki ketahanan hidup yang tinggi dan mampu memberikan dampak berkoperasi yang besar kepada para anggotanya," jelasnya.

Kemenkop dan UKM sendiri, katanya, terus mengupayakan pembagian atau spin off usaha koperasi di Indonesia untuk memperkuat bisnis jaringan koperasi di Tanah Air.

Apalagi tren global saat ini koperasi secara horizontal sudah mulai membangun jaringan bisnis di tingkat koperasi primer dengan melakukan pembagian atau spin off.

"Mereka mengajak anggota-anggotanya untuk membangun beraneka macam bisnis dengan membentuk badan hukum formal yang terintegrasi menjadi satu di bawah kendali grup atau holding," ujarnya.

Selama ini, katanya, koperasi di Indonesia secara kelembagaan belum ada yang mengarah ke integrasi horizontal untuk membangun konglomerasi sosial melalui mekanisme pembagian usaha atau spin off.

Secara bisnis koperasi masih didominasi usaha simpan pinjam (KSP/USP) yaitu sebanyak 79.543 unit (51,97%) dari total koperasi 153.060 unit.

"Kalau koperasi kita masih seperti ini terus dan tidak melakukan rekayasa kelembagaan dengan lakukan spin off, maka bisnis koperasi akan tertinggal jauh dari bisnis lainnya," katanya.

Dia menambahkan dikhawatirkan masyarakat juga akan perlahan meninggalkan koperasi karena bisnis sektor keuangan saat ini sudah mengarah ke model fee-based income, sementara koperasi masih mengandalkan spread atau selisih jasa dari simpanan dan pinjaman.

"Padahal bank-bank serta bisnis teknologi finansial sudah banyak menggerus captive pasar koperasi. Kalau dibiarkan berjalan linear dan biasa saja, maka koperasi bisa terlewat dari lintas bisnis modern," katanya.

Sementara itu, Suroto, Ketua Asosiasi Kader Sosio-Ekonomi Strategis yang juga oengamat koperasi, mengatakan spin-off usaha oleh koperasi telah banyak dilakukan sejumlah koperasi besar di luar negeri.

Contohnya, Group Koperasi Mondragon di Spanyol yang punya badan hukum bisnis di sektor industri, keuangan, pendidikan, ritel, dan lain sebagainya.

Ada juga I CO-OP di Korea Selatan yang menghubungkan produsen dan konsumen dalam jaringan bisnis toko mereka serta membangun banyak lembaga pendukungnya. Begitu pula dengan SANASA Group di Srilanka yang dimulai dari bisnis sektor keuangan, merambah ke konstruksi, media massa, ritel, universitas, dan lain sebagainya.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya memenangkan persaingan pasar. Koperasi perlu melakukan spin off agar dapat terus bertahan dan juga memanfaatkan peluang pasar yang berkembang sangat dinamis dan penuh tantangan.

"Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap koperasi sebetulnya masih cukup tinggi, hingga 73%. Namun, minat untuk bergabung di koperasi menunjukkan angka sebaliknya, yaitu hanya 16%. Ini membutuhkan upaya strategis agar koperasi tidak ditinggalkan oleh masyarakat terutama kaum milenial," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper