Jelang Ramadan, Sembako Aman, Daging Beku di Atas Patokan

Oleh: Fariz Fadhillah 18 April 2018 | 20:27 WIB
Jelang Ramadan, Sembako Aman, Daging Beku di Atas Patokan
Ilustrasi daging beku/Reuters-Maxim Zmeyev

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Kementerian Perdagangan bersama Pemprov Kaltim dan Tim Satgas Ketahanan Pangan Kaltim melakukan peninjauan ke pasar tradisional dan retail waralaba serta agen distributor sembako dan Bulog Samarinda.

Hal itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan harga dan berkurangnya stok sembilan bahan pokok jelang Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 1439 H,

Hasilnya, dari pantauan di lapangan, pemerintah melihat kondisi pasokan barang aman hingga lebaran Idul Fitri tahun ini.

“Untuk antisipasi lonjakan dan keterbatasan stok barang, maka pemerintah berupaya memastikan barang tersebut harus tetap tersedia dan harga tetap terjangkau,” jelas Fuad Assadin, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Provinsi Kaltim dihubungi Bisnis, Rabu (18/4/2018).

Pemerintah tidak ingin saat masuk Ramadan dan lebaran harga-harga bahan pokok justru melampaui harga yang ditetapkan pemerintah.

Sesuai hasil peninjauan disebutkan masih ada harga jual di atas harga yang ditetapkan pemerintah. Untuk daging sapi beku, pemerintah memastikan harga di pasaran tidak lebih dari Rp80 ribu per kg. Namun saat peninjauan kemarin harga daging beku bahkan sudah mencapai Rp90 ribu per kg.

"Memang ada beberapa yang naik. Tapi kami sudah ingatkan agar distributor menetapkan harga yang wajar. Tapi secara umum kami pastikan stok aman dan harga terjangkau, sesuai ketetapan pemerintah," jelasnya.

Sementara harga sembako di pasaran terkendali sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Misal, gula pasir yang ditetapkan pemerintah Rp12.000 per kg, ternyata di pasaran harga dijual di bawah itu.

Kemudian, kata dia, beras medium Rp9.950 per kg dan premium Rp13 ribu per kg. Sebagai informasi HET di Kalimantan untuk medium 9.950, sedangkan premium Rp 13.300.

“Untuk, gula pasir saat ini juga normal harganya, kisaran Rp12.500," jelasnya.

"Yang jelas, pemerintah komitmen untuk memastikan barang sembako aman dan harga terjangkau ketika puasa Ramadan dan lebaran nanti.”

Adapun mengenai stok sembako, baik beras, tepung terigu, minyak goreng dan gula aman hingga lebaran.

“Masyarakat juga tidak perlu panik karena stok kita semua aman," jelasnya.

Adapun peninjauan sampai dengan kemarin dilakukan mulai dari Pasar Segiri, Lotte Mart, PT Cahaya Setya Utama Pergudangan, UD Dermaga Pergudangan dan Bulog Kaltim.

Di Pasar Segiri harga beras medium Rp9.950 per kg dan premium Rp11 ribu. Gula pasir Rp12 ribu per kg. Cabe tiung Rp50 ribu per kg. Ayam potong kosongan Rp35 ribu per ekor. Daging sapi beku Rp90 ribu per kg. Daging segar lokal Rp120 ribu per kg.

Kemudian di Lotte Mart, bawang putih Rp28.700 per kg dan bawang merah Rp35.500 perkg. Daging beku Rp80rb per kg. Minyak goreng Rp12 ribu per liter.

Di PT Cahaya Setia Utama tepung terigu stok ada 200 ton. Gula pasir pasokan 200 ton. Dari PT Cahaya Setia Utama antisipasi jelang puasa dan lebaran memastikan stok semua sembako ditingkatkan 10% hingga 15%. Minyak goreng per liter Rp10.700. Tepung 1 sak Rp126 ribu.

Sedangkan di UD Dermaga Beras aman sampai lebaran. Harga beras medium lokal Rp184 per 50 kg dan Gula Bulog Rp538 per 50 kg. Terakhir di Bulog stok beras sejahtera (rastra) 1.300 ton, aman bahkan hingga November 2018.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya