Pupuk Kaltim Selenggarakan Mudik Gratis dengan Kapal Laut dan Bus

Oleh: Rachmad Subiyanto 23 Mei 2018 | 16:07 WIB
Ilustrasi/Antara-Widodo S Jusuf

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Pupuk Kalimantan Timur menggelar program mudik gratis dalam rangka memfasilitasi masyarakat yang ingin kembali ke kampung halaman pada Idulfitri tahun ini.

Dalam menjalankan program ini, perseroan bersinergi dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dengan menyediakan layanan mudik gratis dengan kapal laut. Manager CSR Pupuk Kaltim Dwi Pudyasmoro mengatakan bahwa program Mudik Gratis bersama Pupuk Kaltim merupakan salah satu wujud tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility), yang juga merupakan program yang dicetuskan oleh Kementerian BUMN.

Dwi menambahkan program ini digagas oleh Kementerian BUMN yang ingin memastikan bahwa BUMN hadir untuk pelayanan masyarakat di hari besar keagamaan dan berharap mudik bisa berjalan lancar serta pemudik mendapat kenyamanan berkat sinergi BUMN.

“Pupuk Kaltim memberangkatkan pemudik secara gratis ke Makassar, Barru dan Surabaya. Selain itu kami juga menyiapkan armada bus dengan tujuan Balikpapan dan Banjarmasin,” katanya dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (23/5/2018).

Selain sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat, program ini juga sebagai upaya untuk mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan di jalan raya selama masa mudik lebaran tahun 2018. Selain kapal laut, Pupuk Kaltim juga menyiapkan transportasi bus untuk para pemudik. Dua moda transportasi ini ditujukan untuk masyarakat Bontang, Samarinda dan Balikpapan, khususnya masyarakat di sekitar Perusahaan.

Dalam melaksanakan program ini, PT Pupuk Kaltim mengeluarkan biaya mencapai Rp949 juta dengan sasaran masyarakat di sekitar Perusahaan sebagai prioritas utama.

Keberangkatan dilaksanakan secara bertahap, mulai 31 Mei hingga 13 Juni 2018 dengan total kuota sebanyak 1.900 tiket kapal laut dan 2.000 tiket bus, terdiri dari 1.500 tiket kapal laut dan 1.320 tiket bus untuk masyarakat Bontang, 600 tiket bus untuk masyarakat Samarinda, serta 400 tiket kapal laut dan 80 tiket bus untuk masyarakat Balikpapan.

Masyarakat yang tertarik untuk mengikuti program ini dapat melakukan pendaftaran mulai 24 Mei 2018 hingga 12 Juni 2018, dengan mengisi formulir serta membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK). Pendaftaran ini gratis dan tidak dipungut biaya.

Bagi masyarakat Bontang, pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Lurah Guntung, Loktuan, Bontang Kuala, Gunung Elai, Belimbing dan Api-Api. Bagi masyarakat Samarinda, pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Perwakilan Pupuk Kaltim di Samarinda, Jl. Kadri Oening No.45 Kelurahan Air Hitam. Sedangkan bagi masyarakat Balikpapan, pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Perwakilan Pupuk Kaltim di Balikpapan, Jl. Pupuk Raya No.54 Balikpapan Selatan.

Editor: Rachmad Subiyanto

Berita Terkini Lainnya