Hati-Hati! Tiga Jalur Mudik Kota Waringin Timur Ini Rawan Kecelakaan

Oleh: Newswire 29 Mei 2018 | 08:05 WIB
Hati-Hati! Tiga Jalur Mudik Kota Waringin Timur Ini Rawan Kecelakaan
Ilustrasi: Pemudik sepeda motor menunggu kedatangan kapal RoRo untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (21/6/2017)./Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, SAMPIT - Para pemudik diimbau berhati-hati saat melintasi jalur mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Tiga jalur mudik darat di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, sehingga pemudik diimbau berhati-hati saat melintas jalur tersebut.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Supriadi MT, di Sampit, Selasa (29/5/2018), menyebutkan tiga jalur darat rawan kecelakaan tersebut adalah:

  • Jalan Jenderal Sudirman
  • Jl HM Arsyad
  • Jalan Tjilik Riwut.

"Ketiga jalur mudik darat tersebut rawan kecelakaan karena banyak lubang, tikungan tajam, dan pepohonan lebat, sehingga menghalangi pandangan pengendara dan padat lalu lintasnya," ujar Supriadi.

Pada Jalan Jenderal Sudirman yang menghubungkan Kotawaringin Timur-Kotawaringin Barat-Lamandau dan Kabupaten Sukamara, jalur ini sempit sementara arus lalu lintas cukup padat, sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan.

Kemudian jalur mudik darat HM Arsyad menghubungkan Kotawaringin Timur-Kabupaten Seruyan rawan kecelakaan karena di jalan tersebut terdapat banyak lubang kecil dan besar. Selain itu di jalur tersebut arus lalu lintasnya lumayan padat karena hilir mudik truk angkutan berat menuju pelabuhan peti kemas Bagendang.

Sedangkan ruas Jalan Tjilik Riwut merupakan penghubung Kabupaten Kotawaringin Timur-Kabupaten Katingan-Kota Palangka Raya, ibu kota Provinsi Kalteng.

"Di sepanjang jalan itu banyak terdapat lubang, tikungan tajam, rimbun pepohonan yang dapat menghalangi pengendara, arus lalu lintas padat, dan ada beberapa proyek pembangunan boks jembatan yang belum selesai pengerjaannya," katanya pula.

Supriadi mengimbau kepada pemudik Lebaran 2018 yang menggunakan sepeda motor maupun mobil, baik itu kendaraan pribadi dan angkutan umum agar berhati-hati dan waspada selama perjalanan agar selamat sampai tujuan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur Fadliannor membenarkan jalur mudik darat rawan kecelakaan tersebut.

"Benar, hasil pemetaan yang telah kami lakukan ketiga jalur mudik darat tersebut memang daerah rawan kecelakaan lalu lintas, untuk itu kami mengimbau agar pemudik lebih berhati-hati saat melintas di jalur tersebut, jika capek sebaiknya berisitirahat di posko mudik yang telah disediakan," ujarnya pula.

Sumber : Antara

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya