PLN Mengajar Pancarkan Antusiasme di Sekolah Perbatasan

Oleh: Eldwin Sangga 30 Mei 2018 | 10:37 WIB
General Manager PLN Wilayah Kaltimra Riza Novianto Gustam berinteraksi dengan siswa SMAN 1 Nunukan, Kaltara./Istimewa

Bisnis.com, NUNUKAN - Ada yang berbeda dari suasana belajar mengajar SMAN 1 Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pada Senin (28/5/2018). Antusiasme tergambar dari riuhnya suasana kelas pagi itu. Rupanya, General Manager PLN Wilayah Kaltimra Riza Novianto Gustam sedang menjadi guru satu hari di sana.

Diinisiasi oleh Kementerian BUMN, PLN se-Indonesia melaksanakan kegiatan PLN Mengajar. Bertajuk "Terangi Bangsa dengan Pendidikan", PLN dari Sabang sampai Merauke secara serentak melaksanakan kegiatan ini pada Mei 2018. Program ini merupakan partisipasi PLN dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, menumbuhkan minat dan kepedulian kepada masyarakat Indonesia khususnya pada sektor ketenagalistrikan.

"Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, juga untuk memberikan pemahaman kepada para pemuda pemudi tentang peran BUMN, dalam hal ini PLN," kata Riza dalam rilisnya yang diterima Bisnis.

Menjadi guru di hadapan 100 siswa SMAN 1 Nunukan Selatan, Riza berbagi ilmu seputar wawasan kebangsaan Bhineka Tunggal Ika. Tak hanya itu, ia juga berkesempatan untuk sharing terkait BUMN dan wawasan umum seputar kelistrikan. Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan yang hadir dan menyaksikan jalannya acara.

Berpuasa tak menjadi alasan bagi para siswa peserta PLN Mengajar ini kehilangan semangat. Mereka justru terlihat sangat antusias dalam bertanya dan aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan Riza. Di sisi lain, Riza pun seringkali mengajak siswa tampil, maju ke depan, sebagai bentuk latihan agar siswa memiliki keberanian untuk mengutarakan pendapatnya.

Suwarno selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Nunukan Selatan mengatakan dirinya berterimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan ini.

"Tentu kami senang karena PLN hadir di tengah-tengah kita. Listrik adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas belajar mengajar dan kami bersyukur mendapat kesempatan untuk berbagi pengetahuan secara langsung dengan PLN. Terlihat anak-anak begitu antusias. Semoga apa yang diberikan akan menjadi bekal pengetahuan bagi siswa kami," katanya.

Sementara itu, Siti Nurdiana, salah satu siswa peserta PLN Mengajar mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dengan kegiatan ini.

"Kegiatan ini menyenangkan. Kami jadi tahu apa yang dilakukan PLN untuk melayani masyarakat, merupakan sebuah wawasan baru bagi kami dan tentunya kami berharap layanan PLN akan terus meningkat," ujar dia.

Di akhir acara, secara simbolis Riza menyerahkan bantuan PLN Peduli dengan total nilai Rp 129.250.000 kepada SMAN 1 Nunukan Selatan. Bantuan ini, kata Riza, digunakan untuk memenuhi sarana dan prasarana sekolah yang masih kurang memadai.

"Fasilitas belajar yang semakin nyaman akan meningkatkan kenyamanan para siswa untuk menuntut ilmu, maka dari itu semoga bantuan yang diberikan dapat digunakan sebagaimana mestinya untuk mengingkatkan fasilitas belajar mengajar di sekolah ini. Semoga apa yang PLN lakukan ini membawa manfaat untuk generasi muda Indonesia," pungkas Riza.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya