PT Pegasol Kerjakan 4.695 Sambungan Jargas di Tarakan

Oleh: Eldwin Sangga 05 Juni 2018 | 17:33 WIB
PT Pegasol Kerjakan 4.695 Sambungan Jargas di Tarakan
Ilustrasi petugas memeriksa saluran pipa gas./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, TARAKAN - Pengerjaan 4.695 sambungan jaringan gas rumah tangga di Tarakan, Kalimantan Utara, direalisasikan tahun ini.

Kepala Bagian Ekonomi Amir Hamsyah mengatakan untuk tahun ini proyek dikerjakan oleh PT Pegasol, salah satu anak perusahaan PT Perusahaan gas Negara (PGN), menggantikan PT Adhi Karya. Pemasangan diperkirakan setelah lebaran.

"Untuk membangun jargas di Tarakan tetap melalui lelang yang cukup alot," ujarnya di Tarakan, Kaltara, pada Selasa (5/6/2018).

Amir menjelaskan pembangunan jargas tahun ini dipusatkan di Kecamatan Tarakan Timur seperti Kelurahan Kampung Empat dan Kampung Enam, serta Kelurahan Mamburungan dan Mamburungan Timur.

Pemasangan jaringan juga termasuk untuk warga yang tinggal di rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Boom Panjang, kelurahan Pamusian, yang belum sempat terpasang.

Dia mengungkapkan pula bahwa tahun depan, Pemkot Tarakan kembali mengajukan proposal pembangunan jargas.

Menurutnya, proposal tersebut sudah masuk di Komisi VII DPR RI dengan jumlah 12.000 sambungan  untuk mengakomodasi warga yang belum teraliri jargas.

Menurutnya, kalaupun nantinya hanya mendapatkan 7.000 – 8.000 sambungan, pihak tetap mensyukuri karena di beberapa daerah yang juga sebagai penghasil minyak dan gas (migas) sedang berjuang untuk mendapatkan kuota.

"Kami harapkan ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga tidak ada lagi rebut-ribut soal gas elpiji 3 kilogram karena akan di peruntukkan bagi pelaku UMKM dan nelayan karena sebentar lagi juga akan mendapatkan bantuan converter kit," ucapnya.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya