Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamax di Kalimantan Naik Jadi Rp9.700

Mulai Senin (1/7/2018), harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi naik, dipicu oleh harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik hingga mencapai US$75 per barel.
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, PONTIANAK – Mulai Senin (1/7/2018), harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi naik, dipicu oleh harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik hingga mencapai US$75 per barel.

Region Manager Comm. & CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Nugraha menyampaikan PT Pertamina (Persero) menyesuaikan harga BBM khususnya Pertamax Series dan Dex Series dengan angka bervariasi di berbagai daerah. Di Kalimantan, penyesuaian harga berkisar antara Rp800 sampai dengan Rp950 per liter.

“Bahan baku BBM adalah minyak mentah, tentunya ketika harga minyak dunia naik akan diikuti dengan kenaikan harga BBM. Patut diketahui saat ini Indonesia merupakan negara pengimpor minyak karena tidak seimbangnya antara supply dan demand, dan kecenderungan permintaan meningkat karena pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Di Kalimantan Pertamina, menetapkan harga Pertamax Rp 9.700/liter. Sedangkan untuk Dex Series, ditetapkan harga Pertamina Dex Rp 10.750/liter, dan Dexlite Rp 9.200/liter. Sementara BBM subsidi maupun penugasan seperti Solar dan Premium serta BBM jenis Pertalite dan Solar Non Subsidi besaran harganya tetap tanpa ada kenaikan.

Yudi menambahkan penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Dexlite dan Pertamina Dex tersebut, dilakukan Pertamina sebagai badan usaha, dengan mengacu pada Permen ESDM No. 34/2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

“Penyesuaian harga ini juga dalam rangka Pertamina tetap bisa bertahan untuk menyediakan BBM dengan pasokan yang cukup sesuai kebutuhan secara terus menerus sehingga tidak mengganggu konsumen dalam beraktivitas sehari-hari di mana pun,” tambahnya.

Pertamina juga mengapresiasi masyarakat yang setia menggunakan BBM berkualitas, ramah lingkungan dan sesuai dengan spesifikasi kendaraannya.

Pertamina meyakini pelanggan yang sudah pernah menggunakan BBM berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan masa kini akan tetap bertahan menggunakan BBM berkualitas guna menjaga performa dan kualitas dari mesin kendaraan.

“Di kota besar khususnya di pulau Jawa, kompetitor Pertamina telah terlebih dahulu melakukan penyesuaian harga dan perubahan harga BBM Pertamax dan Dex Series, masih lebih kompetitif.  Kami senantiasa memberikan BBM dengan kualitas dan harga terbaik bagi konsumen setia Pertamina,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Caroline

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper