Bank Indonesia Perwakilan Kalbar Gelar Kelas Inkubi Fintech 2018

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Barat menggelar program kelas Inkubi Fintech 2018 dengan peserta adalah para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan topik strategi berbisnis dalam era milenial.
Suasana Kelas Inkubi Fintech 2018 yang digelar oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat./Istimewa
Suasana Kelas Inkubi Fintech 2018 yang digelar oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Barat menggelar program kelas Inkubi Fintech 2018 dengan peserta adalah para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan topik strategi berbisnis dalam era milenial.

Dari siaran pers yang diterima Bisnis, program yang akan berakhir pada Agustus 2018 itu menghadirkan sejumlah narasumber untuk menyampaikan materi teknik program pembiayaan melalui crowdfunding dari Koinworks Indonesia dan ketentuan perpajakan UMKM terkini dari Ditjen Pajak Kalbar.

“Ada juga materi english for business in milenial era, kunjungan kepada pengusaha UMKM yang berhasil, dan materi lainnya untuk menambah wawasan peserta di dalam berbisnis,” kata Adhinanto Cahyono, Asisten Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kalbar, Selasa (10/7/2018).

Adhinanto mengatakan, kelas Inkubi Fintech BI Kalbar 2018 dengan durasi seminggu sekali. Ada topik terkait kelas Moral dan Spiritual Bisnis yang menuntut pengusaha harus memiliki motivasi religi dan kemanusian dalam berbisnis.

Topik berikutnya, menghadirkan kelas attractive packaging yakni strategi bagi pengusaha menarik konsumen melalui kemasan atau iklan produk yang dijualnya.

Salah satu motivator bisnis UMKM asal Surabaya, Faizal Alfa yang mengatakan di era milenial, berbisnis harus mengedepankan prinsip benefit of functional, emotional dan spiritual.

“Prinsip tersebut menuntut seseorang berbisnis UMKM harus mampu merangkul konsumen seperti menyisihkan pendapatan penjualan untuk menyumbang panti asuhan (spiritual) dan mendesain produk mempererat hubungan antar manusia (emotional) seperti menciptakan restoran yang nyaman untuk anggota keluarga,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper