Kaltim Targetkan 98% Elektrifikasi Listrik 2019

Oleh: Yanuarius Viodeogo 17 Juli 2018 | 00:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan Listrik Negara menargetkan elektrifikasi listrik mencapai 98%, pada 2019 dan sebesar 99%, pada 2021 untuk wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

General Manager PT PLN Wilayah Kalimantan Timur Riza Gustam mengatakan, saat ini elektrifikasi listrik di provinsi tersebut dan provinsi tetangga yaitu Kaltara telah mencapai 93%.

Sebenarnya, menurut dia, rasio untuk listrik per desa sudah 100%, hanya soal definisi. Jika semua digabungkan, desa berlistrik di Kaltim sudah mencapai 100%.

"Tinggal kami meningkatkan rasio elektrifikasi di desa-desa non PLN, kemudian yang masih belum 24 jam kami masuk,” kata Riza dari siaran pers, Senin (16/7).

Menurutnya, untuk menuju target elektrifikasi hingga 99%, pihaknya membutuhkan dukungan dari pemangku kepentingan termasuk badan usaha seperti Pertamina agar masalah yang muncul bisa dicarikan solusinya.

“Misalnya, Desa Long Apari (Kabupaten Mahakam Ulu) di sana belum bisa 24 jam karena tidak disuplai bahan bakar minyak,” kata dia.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya