Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringatan Hari Lansia di Balikpapan Meriah, Begini Acaranya

Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kota Balikpapan Tahun 2018 berlangsung meriah di Balikpapan Sport And Convention Centre (Dome), Kamis (19/7/2018).
Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kota Balikpapan 2018 di Balikpapan Sport And Convention Centre (Dome), Kamis (19/7/2018)./Bisnis
Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kota Balikpapan 2018 di Balikpapan Sport And Convention Centre (Dome), Kamis (19/7/2018)./Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kota Balikpapan Tahun 2018 berlangsung meriah di Balikpapan Sport And Convention Centre (Dome), Kamis (19/7/2018).

Acara tidak hanya para dihadiri lansia, tetapi juga melibatkan lintas generasi mulai dari pelajar, grup nasyid, band, organisasi peduli lansia, dan partisipasi organisasi nonpemerintah melalui program corporate social responsibility (CSR).

“Dari kegiatan ini terlihat seluruh unsur masyarakat peduli terhadap eksistensi para lansia,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Balikpapan Abdul Aziz AM.

Peringatan HLUN dilaksanakan sebagai bagian dalam upaya Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para lansia.

“Kontribusi lansia dalam pencapaian kesejahteraan dan pembangunan bangsa memiliki peran yang sangat besar,” jelas Aziz.

Menurutnya, kapasitas lansia sebagai penduduk senior yang memiliki kebijakan, kearifan, dan pengalaman berharga dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah kehidupan pembangunan nasional di masa mendatang.

Selama ini pemerintah telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan para lansia melalui program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) serta program daycare dan homecare yang dananya bersumber dari Kementerian Sosial RI.

“ASLUT merupakan bantuan sosial non tunai melalui ATM khusus bagi peserta ASLUT, sedangkan program daycare dan homecare merupakan bantuan yang dikelola oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) atau panti untuk memenuhi kebutuhan lansia di panti maupun diluar panti,” jelasnya.

Selain dihibur oleh pengisi acara lintas generasi, peringatan HLUN juga dirangkai pemeriksanaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dan BPJS Kesehatan, kunjungan lansia yang dirawat di RSUD Beriman Balikpapan oleh Wali Kota Balikpapan bersama Dompet Dhuafa Balikpapan, dan penyerahan bantuan dari berbagai pihak.

Adapun bantuan yang diserahkan, yaitu 35 Paket Sembako dari Pemerintah Kota Balikpapan, 2 unit alat bantu dengar, 12 unit kursi roda, dan 1 unit tongkat dari Dinas Sosial Provinsi Kaltim, Bantuan ASLUT dari Kemensos sebesar Rp194 juta untuk 97 orang, 200 paket sembako dari Sahabat Yatim, 300 Paket buah dari GERMAS, 50 paket buah dari Batmmen, dan 1.226 buku kesehatan lansia dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dan 502 buku bantuan dari Kementerian Kesehatan RI.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sophia Andayani
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper