Palangkaraya Siaga Hadapi Karhutla

Oleh: Yanuarius Viodeogo 20 Juli 2018 | 19:20 WIB
Palangkaraya Siaga Hadapi Karhutla
Simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan/Antara-Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangkaraya bersiaga untuk memantau kawasan dalam mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kabid BPBD Kota Palangkaraya Veno mengatakan, memaksimalkan kegiatan patroli rutin setiap hari bersama gabungan siaga karthutla di titik yang dianggap rawan dengan tim bersiaga di setiap kelurahan.

“Di setiap kelurahan ada personil dari BPBD, TNI, Polri, tim serbu Api Kelurahan (TSAK) dan tim pemadam swadaya masyarakat. Tim gabungan kelurahan menjadi garda terdepan meluncur ke lokasi kebakaran,” kata Veno dari siaran pers, Jumat (20/7/2018).

Kantor BPBD, kata dia menyiagakan pula para personil yang berada di Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop) yang memiliki prasaran pemadaman kebakaran.

Adapun peralatan untuk memadamkan api, kata dia, terdapat 6 unit mesin sedot portable, satu mesin berukuran besar dengan kemampuan hampir setara mobil pemadaman.

“Satu lagi mesin ukuran sedang dengan kemampuan sedot tiga bar. Adalagi mesin portable berjenis alkon, dua mesin apung yang bisa beroperasi di atas air dan dua mesin beroperasi di darat,” ujarnya.

Alat mesin lain yang disiagakan adalah mobil pick up pengangkut personil dan mesin sedot, dan dua sepeda motor untuk patroli.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya