Kaltara Budidaya Ikan Air Tawar dengan Minapadi

Oleh: Yanuarius Viodeogo 31 Juli 2018 | 00:03 WIB
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kalimantan Utara menargetkan hasil panen ikan melimpah untuk provinsi itu melalui metode minapadi atau pemanfaatan lahan tidur untuk budidaya ikan.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Amir Bakri mengatakan, tahun ini APBD Kaltara mengalokasikan sebesar Rp150 juta untuk menyediakan 30.000 bibit ikan air tawar terdiri dari patin, nila dan emas dan 200 ekor bebek untuk dikembangkan di demplot.

“Demonstrasi Plot (Demplot) minapadi berlokasi di Satuan Permukiman 1 Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Selor. DKP akan menggandeng PKK setempat untuk pembinaan dan pengawasan program ini,” kata Amir dari siaran pers, Senin (30/7/2018).

Dia mengatakan, harapannya dengan metode ini dapat meningkatan pendapatan petani di sekitar wilayah transmigrasi di Bulungan dan Kaltara. Di demplot itu, ada 2 hektare terdiri dari 3 petak pemanfaatan.

Adapun fungsinya, pematang, kolam ikan air tawar dan petak tanaman jangka pendek atau sayuran. Untuk keberlangsungan demplot itu, pihaknya akan mengawasi kolam ikan dan petak tanaman dan peninjauan rutin agar konsep itu berjalan.

Editor: Mia Chitra Dinisari

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer