Gaet Turis Lokal, Pemprov DKI Gelar Jakarta Travel Fair di Balikpapan

Oleh: Sophia Andayani 09 Agustus 2018 | 20:53 WIB
Gaet Turis Lokal, Pemprov DKI Gelar Jakarta Travel Fair di Balikpapan
Wisatawan menikmati liburan dengan menggunakan kereta wisata di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (28/3)./Antara-Aprillio Akbar

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemprov DKI Jakarta mengajak warga Balikpapan liburan murah ke Ibu Kota dengan menggelar Jakarta Travel Fair (JTF) 2018.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Hari Wibowo, menuturkan pihaknya telah memetakan target kunjungan wisata dari wilayah Indonesia Timur, dan Balikpapan menjadi salah satu target utama.

"Dalam kurun waktu empat tahun terakhir perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata mengalami kenaikan sangat signifika, rata-rata kenaikan 13,25 %, angka tersebut merupakan pembuktian eksistensi pariwisata dalam perekonomian Jakarta," ujar Hari dalam konfrensi pers, di Hotel Grand Jatra Balikpapan, Kamis (9/8/2018).

JTF 2018 merupakan kali ketiga digelar di Balikpapan. Ajang promosi terpadu kali ini melibatkan 32 pelaku industri pariwisata mulai dari perhotelan, airlines, tour & travel hingga taman-taman rekreasi untuk meramaikan JTF yang digelar di Atrium Mall e-Walk Balikpapan dari tanggal 10 Agustus hingga 12 Agustus mendatang.

"Dalam hitungan hari, Kota Jakarta juga akan menjadi salah satu tuan rumah perhelatan akbar olahraga terbesar di kawasan Asia selain Kota Palembang. Kami juga ingin mengajak warga Balikpapan untuk merasakan euforia Asian Games 2018," tambah Hari.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Tonny Bako  mengatakan, di JTF 2018 pihaknya juga menyiapkan sejumlah penawaran menarik, di antaranya adalah paket wisata mulai dari Rp1,3 juta berupa paket liburan dan edukasi, pilihan kuliner juga menjadi salah satu destinasi yang akan diperkenalkan kepada pengunjung JTF 2018.

"Sebagai hiburan kami juga membawa Gambang Kromo (Gambrong), abang-abang kerak telot, dan manusia patung. Ada kegiatan membatik dari museum tekstil, dan face painting bertema Asian Games," pungkas Tonny.

Tonny menginformasikan bahwa saat ini terdapat sebanyak 11. 810 pelaku industri pariwisata baik dari sektor hiburan, rekreaksi, akomodasi hotel dan perjalanan wisata.

 

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya