Perusahaan Tambang dan Sawit di Kaltim Segera Integrasi Dengan Sapi

Oleh: Yanuarius Viodeogo 09 September 2018 | 20:52 WIB
Perusahaan Tambang dan Sawit di Kaltim Segera Integrasi Dengan Sapi
Penutupan lokasi tambang ilegal/Antara
Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah perusahaan tambang dan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur bakal memulai mengintegrasikan sapi di lahan-lahan eks tambang dan perkebunan. 
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kaltim Dadang Sudarya mengatakan, perusahaan tambang PT Coalindo di Kabupaten Kutai Kartanegara akan mengembangkan sapi sebanyak 130 ekor dan kambing 750 ekor di lahan eks tambangnya.
"Ada pula sinergi dua perusahaan di Kabupaten Berau yakni PT  Berau Coal dan PT Sinar Mas Group ikut mengembangkan pembibitan sapi di lahan eks tambang dan lahan perkebunan mereka," kata Dadang dari siaran pers Pemprov Kaltim, Minggu (9/9/2018). 
Dia mengatakan juga, terdapat perusahaan perkebunan kelapa sawit yaitu PT Astra Group di Kabupaten Penajam Paser Utara akan memulai integrasi sapi sawit. 
Astra Group PPU, menurutnya, segera mendatangkan sapi impor 2.000 ekor dengan tahap awal diprogramkan pada  kegiatan penggemukan sapi dan bertahap dijadikan sentra sapi pembibitan yang akan terus ditambah populasinya.
Dia menyampaikan, target program tersebut akan berlangsung pada Oktober-Nopember tahun ini. Diharapkan, kata Dadang, kegiatan Astra Group ini menjadi pilot project bagi perusahaan-perusahaan sawit yang murni menggunakan anggaran perusahan tanpa ada bantuan pemerintah.

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya