LOWONGAN CPNS 2018: Calon Peserta Mulai Kasak-kusuk Minta Diluluskan

Oleh: Newswire 26 September 2018 | 14:50 WIB
LOWONGAN CPNS 2018: Calon Peserta Mulai Kasak-kusuk Minta Diluluskan
Peserta seleksi CPNS, mengikuti computer assisted test (CAT)./depok.go.id

Bisnis.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Calon peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, mulai ada yang kasak-kusuk minta diluluskan dalam seleksi nanti dengan iming-iming sejumlah uang.

"Menjelang penerimaan CPNS ini, sudah ada yang ingin melakukan tindakan tidak baik. Bahkan ada yang mau setor kepada saya selaku bupati karena katanya saya bisa meluluskan menjadi CPNS," kata Bupati Kotim Supian Hadi saat pelantikan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (26/9/2018).

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mendapat kuota penerimaan CPNS sebanyak 602 formasi. Formasinya terdiri 325 formasi bidang pendidikan, 275 bidang kesehatan dan dua formasi pengangkatan honorer K2.

Supian mengingatkan, masyarakat yang berminat ikut seleksi untuk mempersiapkan diri dengan baik, misalnya memperbanyak latihan untuk menghadapi tes yang akan dilaksanakan dengan sistem computer assisted test (CAT) dan wawancara.

Bupati mengingatkan calon peserta untuk tidak mempercayai siapapun yang menjanjikan akan bisa meluluskan peserta dalam seleksi CPNS.

"Tidak ada siapapun yang menjamin akan lulus. Nilai pun tidak bisa dimainkan. Pengawasan juga dilakukan oleh pusat, bahkan KPK," kata Supian.

Peserta yang mengikuti seleksi harus serius dan siap bertugas di lokasi yang telah ditentukan, apalagi keberadaan guru dan petugas kesehatan sangat dibutuhkan, khususnya di kawasan pelosok.

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur sudah mengumumkan pendaftaran seleksi CPNS melalui portal http://bkd.kotimkab.go.id.

Calon pelamar yang berminat mendaftar, bisa membaca penjelasan rinci terkait teknis pendaftaran dan pelaksanaan seleksi dalam laman tersebut.

Tahapan seleksi dimulai dengan pengumuman penerimaan pada 19 September sampai 4 Oktober, pendaftaran online ke situs https://sscn.bkn.go.id pada 26 September sampai 11 Oktober, pengumuman seleksi administrasi 16 Oktober, pengambilan kartu peserta ujian peserta 17 - 22 Oktober, seleksi kompetensi dasar (SKD) 23 Oktober sampai 6 November dan pengumuman SKD CAT 9 November.

Selanjutnya, seleksi kompetensi bidang (SKB) CAT 13 - 17 November, integrasi nilai SKD dan SKB 23 - 27 November, pengumuman kelulusan akhir secara online 30 November dan pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir 3 - 14 Desember.

Calon pelamar diminta mempelajari secara rinci dan mempersiapkan semua persyaratan karena pendaftaran lebih dulu dilakukan secara online.

Selanjutnya, berkas fisik dikirim melalui kantor pos. Seleksi akan dilaksanakan di Gedung Balai Diklat Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur di belakang stadion 29 November Sampit. Bobot nilai seleksi terdiri SKD dengan bobot 40 persen dan SKB dengan bobot 60

Sumber : Antara

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya