Landasan Pacu Bandara Kuala Pembuang Diperpanjang

Oleh: Newswire 27 September 2018 | 18:58 WIB
Landasan Pacu Bandara Kuala Pembuang Diperpanjang
Bandara Kuala Pembuang/Antara

Bisnis.com, KUALA PEMBUANG, Kalteng - Landasan pacu Bandara Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, rencananya diperpanjang dari 1.200 meter menjadi 1.550 meter, agar memadai dipergunakan pesawat terbang tipe ATR-72.

Memperpanjang landasan pacu tersebut agar rencana jalur penerbangan dari Kabupaten Seruyan ke Semarang yang sudah disepakati dengan salah satu maskapai dapat direalisasikan, kata Kepala Bandara Kuala Pembuang Harianto di Kuala Pembuang, Kamis (27/9/2018).

"Saat ini Bandara Kuala Pembuang fokus untuk mempercepat pengembangan, yaitu melakukan kajian tahun 2018 terkait 'master plan' (rencana induk) bandara, sehingga nantinya dapat disahkan secara langsung Kementerian Perhubungan," ucapnya.

Rencana memperpanjang landasan pacu Bandara Kuala Pembuang diperkirakan baru dapat direalisasikan pada 2019. Sebab, sekarang ini sedang dilakukan proses hibah dari Pemerintah Kabupaten Seruyan kepada pihak manajemen bandara tersebut.

"Lahan yang digunakan masih berstatus milik pemerintah kabupaten, sehingga pengalihan status sangat penting karena salah satu syarat jika ingin dilakukan pengembangan. Semoga proses hibah berjalan lancar dan tidak ada kendala," kata Harianto.

Potensi penumpang penerbangan dari Kabupaten Seruyan ke Pulau Jawa sangatlah potensial, terlebih dari Kecamatan Hanau dan sekitarnya, seiring dengan tingkat perekonomian di sana cukup baik. Selain bekerja di perusahaan, wiraswasta pun cukup banyak yang berkembang sangat baik.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya