Gubernur Kaltara Minta Dana Desa Dioptimalkan

Oleh: Yanuarius Viodeogo 18 Oktober 2018 | 19:07 WIB
Gubernur Kaltara Minta Dana Desa Dioptimalkan
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie/BisnisEldwin Sangga

Bisnis.com, JAKARTA – Desa-desa di Kalimantan Utara mendapat dukungan penuh dari kepala daerahnya untuk mengoptimalisasi pemanfaatan Dana Desa melalui 4 program prioritas yaitu produk unggulan kawasan perdesaan (prukades) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) embung desa dan sarana olahraga desa (raga desa).

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan, dengan optimalisasi dana desa dapat meningkatkan produktivitas ekonomi perdesaan dan pengelolaannya lebih efisien dan biaya produksi bisa ditekan sehingga mendapatkan keuntungan untuk masyarakat desa lebih tinggi.

“Pengelolaan dana desa dapat belajar dari daerah lain yang sudah berhasil mengelola Bumdesnya. Pengelolaan dana desa membutuhkan leadership dan semangat serta pengalaman pemimpinnya sehingga bermanfaat maksimal,” kata Irianto dari siaran pers Pemprov Kaltara, Rabu (17/10/2018).

Saat ini, Kaltara memiliki 447 desa dengan status Indeks Desa Membangun pada 2018 mencakup 3 desa mandiri, 16 desa maju, 83 desa berkembang, 220 desa tertinggal dan 125 desa sangat tertinggal.

Adapun pemanfaatan dana desa secara keseluruhan untuk pembangunan infrastruktur telah mencapai 42,1%, pemberdayaan masyarakat 21,32% atau.

Total anggaran pembangunan sarana prasarana dari Rp298,50 miliar telah terealisasi Rp125,67 miliar dan untuk anggaran non sarana prasarana dari Rp92,72 miliar telah terealisasi Rp19,76 miliar.  

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya