Maskapai Trans Nusa Siap Buka Rute Penerbangan Baru di Kalimantan

Oleh: Sophia Andayani 24 Oktober 2018 | 13:33 WIB
Maskapai Trans Nusa Siap Buka Rute Penerbangan Baru di Kalimantan
Pesawat ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang yang akan melayani penerbangan rute baru di Kalimantan./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT TransNusa Aviation Mandiri, maskapai penerbangan Trans Nusa, berencana membuka beberapa rute penerbangan di wilayah Kalimantan pada November.

Head of Marketing and Sales PT TransNusa Aviation Mandiri Juniawan G. D. Situmorang mengatakan pembukaan rute baru tersebut dilakukan setelah melihat prospek yang cukup baik. Pihaknya juga mengklaim bahwa rute penerbangan yang baru ini diharapkan bisa mendukung pengembangan sektor perekonomian dan pariwisata di kawasan Kalimantan.

“Dengan mempertimbangkan permintaan yang besar dan jumlah penduduk yang banyak, maka kami membuka rute tersebut untuk memberikan tambahan pilihan kepada masyarakat. Sedangkan rute baru yaitu Palangkaraya - Pangkalan Bun sebelumnya belum dilayani oleh maskapai lain,” ungkap Juniawan kepada Bisnis.com, Rabu (24/10/2018).

Beberapa rute penerbangan yang akan dibuka adalah Balikpapan, Berau, Palangkaraya, dan Pangkalan Bun. Selain itu, TransNusa juga akan membuka rute penerbangan untuk jurusan Palu, Makassar dan Semarang dari Pangkalan Bun dan Balikpapan.

Semua rute penerbangan tersebut dilayani dengan pesawat ATR 72-600 yang berkapasitas 70 penumpang. Dengan rute Balikpapan – Palangkaraya, Palangkaraya – Pangkalan Bun, Pangkalan Bun – Semarang, Balikpapan – Berau, Balikpapan – Palu, dan Balikpapan – Makassar yang efektif mulai beroperasi pada tanggal 12 November mendatang.

“Sebelumnya, TransNusa telah melayani penerbangan di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi. Kedepan, kami berharap akan terus melakukan pengembangan serta melakukan terobosan baru. Saat ini semua rute penerbangan TransNusa baik di NTT dan Sulawesi sudah terkoneksi dengan penerbangan Citilink dari Jakarta, Surabaya, Kupang dan Makassar,” jelasnnya.

Ia menambahkan pihaknya menawarkan harga yang kompetitif agar masyarakat dapat terlayani dengan baik pada rute baru di Kalimantan. Dimana sebagai maskapai medium TransNusa memberikan ;ayanan berupa snack dan minuman di pesawat dan bagasi sampai dengan 15 kg. Sementara harga tiket yang ditawarkan mulai dari Rp. 289.100 untuk rute Palangkaraya – Pangkalan Bun PP hingga Rp. 556 ribu untuk rute Balikpapan – Makassar PP.

Editor: Rachmad Subiyanto

Berita Terkini Lainnya