Palangka Raya Waspadai Demam Berdarah

Oleh: Newswire 31 Oktober 2018 | 21:39 WIB
Palangka Raya Waspadai Demam Berdarah
Ilustrasi penderita demam berdarah dengue (DBD)/Antara

Bisnis.com, PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K. Yunianto mengimbau warga di kota itu mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Apalagi selama tahun ini sudah ada lima warga Palangka Raya dinyatakan meninggal dunia karena terjangkit DBD," ujarnya di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, pada Rabu (31/10/2018).

Sigit meminta warga ibu kota Provinsi Kalteng itu untuk aktif melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PBHS), melaksanakan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), serta melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Dia juga meminta Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya serta seluruh jajarannya meningkatkan upaya pencegahan penyebaran DBD antara lain dengan meningkatkan intensitas sosialisasi dan peningkatan pemahaman terhadap masyarakat tentang bahaya penyebaran penyakit yang diakibatkan gigitan nyamuk Aedes aegypti itu.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, hingga saat ini tercatat 122 kasus DBD, lima penderita di antaranya meninggal dunia.

Plt. Tugas Kepala Dinas Kesehatan Palangka Raya Andjar Hari Purnomo mengatakan rata-rata pasien meninggal di rumah sakit.

Biasanya, tuturnya, karena yang bersangkutan terlambat meminta pertolongan kepada petugas kesehatan karena dianggap demam biasa.

Menurut dia, upaya tersebut bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti rajin menguras tempat penampungan air, selalu melaksanakan program 3M, yakni menutup tempat penampungan air dan mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya