Pemprov Kaltim Apresiasi Berau Anggarkan Rp2 Miliar untuk Setiap Desa

Oleh: Yanuarius Viodeogo 10 November 2018 | 14:02 WIB
Pemprov Kaltim Apresiasi Berau Anggarkan Rp2 Miliar untuk Setiap Desa
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong kabupaten lain mencontoh pembangunan desa yang dilakukan di Kabupaten Berau sehingga diharapkan menjadi panutan bagi desa-desa se-Indonesia. 

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan Kabupaten Berau memiliki kebijakan yaitu menganggarkan bantuan dana senilai Rp2 miliar untuk setiap desanya. 

"Saya ingin Kabupaten Berau bisa menjadi contoh pembangunan desa-desa di Indonesia, bahkan desa-desa di dunia. Dukungan Rp2 miliar untuk anggaran perkampung sangat mendukunga program yang sedang disiapkan oleh APBN sebesar Rp800 juta per kampung," kata Hadi dari siaran pers Pemprov Kaltim, Jumat (9/11/2018). 

Menurutnya, kebijakan Pemkab Berau sangat tepat mengajak masyarakat untuk membangun desanya masing-masing dan menyasar anak-anak muda desa sehingga mengurangi niat bekerja ke kota karena desa memiliki sumber mata pencaharian kehidupan. 

"Kepala kampung dan para camat tidak boleh berpuas hanya sampai persepsi tetapi harus membantu bupati agar terwujud menjadi kenyataaan. Perangkat desa lainnya juga harus hati-hati dalam penggunaan dana dan tidak berpikir koruptif," kata dia. 

Hadi berharap, Bupati Berau dan masing-masing camat berkoordinasi dalam rencana pembangunan antara kampung satu dengan kampung yang lain sehingga dana yang mengucur dari APBN, provinsi dan kabupaten benar-benar bermanfaat untuk rakyat.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya